Tips Persiapan Persalinan Yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Persalinan merupakan salah satu keinginan yang diharapkan setiap ibu. Selain itu proses persalinan salah satu situasi yang sangat menegangkan khususnya ketika memasuki trimester akhir. Maka tidak heran jika ibu hamil sering kali merasa cemas karena membanyangkan rasa sakit ketika menjelang persalinan. Untuk menghindari hal ini maka ibu hamil memang harus melakukan sebuah persiapan dari segi mental ataupun fisik khususnya ketika masa menjelang persalinan.

tips persiapan persalinan

Melalukan persiapan ketika hari-hari terakhir masa kehamilan atau masa persalinan memang sangatlah penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kondisi seorang ibu hamil di hari-hari terkahir menjelang persalainan sangat mempengaruhi pada kemudahan ketika melahirkan. Kemudahan ketika melahirkan merupakan buah atau hasil dari persiapan yang matang ketika menjelang persalinan.

Berikut Tips Persiapan Persalinan Bagi Ibu Hamil

Menjauhkan Diri Dari Kesibukan

Pertama yang harus Anda lakukan ketika menjelang persalinan adalah menjauhkan diri dari kesibukan dan melakukan istirahat yang maksimal. Namun hal ini bukan berarti Anda harus melakukan istitahat terus setiap hari, karena Anda harus tetap melakukan aktivitas seperti melakukan olahraga ringan supaya refleksibilitas tubuh tetap terjaga.

Banyak Membaca Buku Cara Merawat Bayi

Tips persiapan persalinan yang kedua adalah banyak membaca buku cara merawat bayi. Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan dengan tujuan supaya dapat menjadi seorang ibu yang baik. Seperti contohnya mampu untuk menyusui yang baik, memandikan, mengganti popok dan lain sebagainya. Adapun cara yang paling baik untuk mendapatkan pengetahuan seperti itu adalah di masa kehamilan atau menjelang hari-hari persalinan dengan membaca segala informasi mengenai seluk-beluk perawatan dan cara membesarkan bayi.

Selalu Melakukan Komunikasi Dengan Bayi Anda

Jangan salah jika Anda menganggap bayi yang masih dalam kandungan tidak bisa diajak komunikasi. Bayi dalam kandungan setelah memasuki bulan ke 6 masa kehamilan ia telah mampu mendengar suara ibunya atau sesuatu yang ada di luar rahim. Bahkan ia juga dapat mengerti apa yang Anda ucapkan dan meresponnya dengan sebuah gerakan atau tendangan di dalam rahim. Cobalah untuk melakukan komunikasi dengan bayi Anda seperti memberitahu perasaan bahagia Anda menanti kelahirannya, dan pengalaman-pengalaman positif Anda untuk menjelang hari persalinan. Maka hal yang kita anggap sepela tersebut memberikan dampak yang baik bagi Anda dan buah hati Anda menjelang hari persalinan.

Selalu Berdoa

Terakhir yaitu satu hal yang sangat penting sekali adalah selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan, selalu memohon pertolongan dan ketenangan jiwa. Maka hal ini juga mampu memberikan ketenangan di dalam hati dan membuat Anda lebih optimis menghadapi persalinan.

Nah itulah penjelasan mengenai tips persiapan persalinan yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Macam-macam penyakit ibu hamil.

cara mengatisipasi persiapa gerakan persalinan -