Akibat Kekurangan Vitamin E Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Vitamin E atau takoferol adalah vitamin yang larut dalam lemak, bersifat antioksidan yang berfungsi sebagai penghancur radikal bebas yang merupakan senyawa berbahaya dalam tubuh yang dapat merusak DNA (bahan genetik) dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan sel. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa vitamin merupakan zat yang sangat berguna bagi tubuh kita salah satunya adalah vitamin E. Sebagai vitamin ensensial, vitamin E tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu kita harus mendapatkannya dari makanan.

Akibat Kekurangan Vitamin E

Sumber vitamin E bisa kita dapatkan pada makanan seperti buah-buahan, susu, telur dan sayuran hijau. Contoh sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan, buncis, asparsgus, ubi jalar, pisang, strawbery dan biji bunga matahari. Selain dari makanan yang disebutkan di atas Anda juga bisa mendapatkan vitamin E tambahan dalam bentuk suplementasi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E memang terbilang sangatlah mudah, namun hanya saja karena kesibukan atau lebih kepada rasa tidak peduli mengenai asupan vitamin E dalam tubuh maka mengakibatkan timbulnya kekurangan vitamin E. Nah sebelum kita membahas mengenai akibat kekurangan vitamin E, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu gejala atau tanda-tanda kekurangan vitamin E. Adapun penjelasannya sebagai berikut!

Gejala Kekurangan Vitamin E

Gejala atau tanda-tanda kekurangan vitamin E secara umum adalah kesulitan dalam berjalan, hilangnya koordinasi, terjadinya kelemahan otot dan gangguan pergerakan mata. Selain itu kekurangan vitamin E biasanya ditandai sering merasa pusing dan mata sering berkunang-kunang seperti halnya terkana penyakit anemia. Nah itulah sedikit ulasan mengenai gejala kekurangan vitamin E. Langsung saja berikut ini kami jelaskan mengenai akibat kekurangan vitamin E bagi tubuh.

Berikut Akibat Kekurangan Vitamin E Bagi Tubuh

  • Kekurangan asupan vitamin E pada tubuh dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf dan otot. Hal ini disebabkan karena sel darah merah yang rusak dan kemudian terbelah yang mengakibatkan sistem saraf dan otot menjadi terganggu. Selain itu kekurangan vitamin E juga dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan (katarak), kelainan fungsi otak dan sumsum tulang belakang, kelainan terhadap sistem reproduksi dan infertilitas (ketidaksuburan).
  • Penyakit akibat kekurangan vitamin E pada bayi dan anak-anak adalah resiko pada bayi prematur yang memang memiliki kecenderungan akibat kekurangan vitamin E akan mengalami gangguan penglihatan hingga kebutaan. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah berusia lebih besar akan beresiko terjadinya penyakit kelainan saraf, refleks menurun, dan gangguan penyerapan usus.

Sekian penjelasan mengenai akibat kekurangan vitamin E bagi tubuh. Penuhi asupan vitamin E secara optimal supaya tidak terjadi gangguan penyakit seperti yang di jelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

akibat kekurangan vitamin e - kekurangan vitamin e - penyakit kekurangan vitamin E - kekurangan vit e - akibat kekurangan vit e - defisiensi vitamin e - akibat kurang vitamin E - dampak kekurangan vitamin e - kurang vitamin E - penyebab kekurangan vitamin e - efek kekurangan vitamin e - kekurangan vitamin e dapat mengakibatkan - kekurangan vitamin E bisa menyebabkanz - akibat kurang vitamin e - gejala kekurangan vitamin E -