Apa yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Selalu Mengeluh Sakit Perut?

By Categories : Uncategorized

Tanya:

Assalammualaikum Wr.Wb

Saya mau tanya dok, suami saya berusia 38 tahun, hampir setiap bulan selalu mengeluh di bagian perut. Sakit yang ia keluhkan antara lain kembung, nyeri dan terasa ada yang mengganjal di area perut, sedangkan perut kembung itu selalu di alami tiap hari.

Ia juga sudah pernah opname di rumah sakit. Kata dokter suami saya mengalami infeksi pada usus besar, tapi obat yang diberikan sama sekali tidak membuat perubahan pada suami saya. Suami saya adalah seorang perokok berat dan setiap hari seringkali mengonsumsi telur dadar dan juga susah tidur di malam hari. Dia bisa tidur ketika sudah  lewat jam 2 malam. Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya dok? Terimakasih?

Jawab:

Waalaikumsalam Wr. Wb

Kali ini kami akan menjawab pertanyaan dari dari saudari Tri A.

Terkait dengan keluhan nyeri perut, disesuaikan dengan lokasinya. Untuk nyeri perut di ulu hati dan perut kiri atas seringnya berkaitan dengan lambung namun tidak selalu, sedangkan untuk nyeri perut kanan atas sering dikaitkan dengan hati. Atau kanan atas juga bisa dikaitkan dengan kantung empedu, namun juga tidak selalu.

Sedangkan jika kanan bawah seringkali terkait dengan usu buntu. Kalau ada kembung bisa jadi lambung atau ususnya mengalami gangguan.

Untuk memastikannya alangkah baiknya untuk dilakukan pemeriksaan USG abdomen kemudian di konfirmasi dengan endoskopi. Terkait dengan keluhan tersebut, sebaiknya dikurangi kopi ataupun kebiasaan merokok serta istirahat yang cukup.

sakit perut yg harus opname - agar perut langsing setelah melahirkan -