Arti Warna Kuning Pada Urine Sesuai Dengan Kondisi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Tahukah Anda bahwa tubuh manusi menghasilkan dua jenis kotoran atau limbah? Yaitu dalam bentuk feses dan urine. Urine atau air seni sendiri merupakan limbah yang terbentuk di ginjal yang merupakan hasil dari proses penyaringan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Saat buang air kecil pastinya kita sering melihat warna dari urine atau air seni tersebut. Tahukah Anda bahwa  warna urine juga dapat menjadi sebuah indikator kesehatan tubuh yang paling mudah dilihat.

arti warna kuning pada urine

Salah satu warna yang sering dijumpai pada urine adalah warna kuning. Lantas apakah arti warna kuning pada urine? Seseorang yang air seninya berwarna kuning terang hal ini berarti bahwa urine tersebut masih terbilang normal, Anda pun juga sudah cukup minum air putih. Akan tetapi lebih baiknya Anda tetap menjaga asupan cairan minimal 6 hingga 8 gelas per hari.

Namun tak hanya kuning terang, seseorang pastinya juga pernah mendapati urinenya berwarna kuning seperti lemon. Hal ini berarti bahwa Anda sedikit dehidrasi atau kurang cairan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menambah frekuensi minum air putih.

Sedangkan arti warna kuning tua pada urine hal ini dikarenakan Anda benar-benar mengalami dehidrasi. Oleh karena itu Anda perlu minum cairan lebih banyak lagi. Namun selain itu, warna kuning tua pada urine juga dapat disebabkan karena Anda mengonsumsi suplemen vitamin B berkonsentrasi tinggi.

Nah itulah beberapa arti warna kuning pada urine sesuai dengan kondisi kesehatan. Akan tetapi tak hanya warna kuning saja, masalah kesehatan tertentu juga dapat mempengaruhi warna urine atau air seni. Penasaran kan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Warna urine sesuai dengan kondisi kesehatan

Jernih dan tidak berwarna

Jika Anda mendapati air seni Jernih dan tidak berwarna, hal ini berarti bahwa asupan cairan dalam tubuh Anda sudah memenuhi dan pastinya fungsi ginjal dapat berfungsi dengan baik.

Keruh

Yang kedua adalah keruh. Jika warna air seni sedikit keruh, hal ini bisa menjadi indikasi terjadi masalah pada kandung kemih. Warna keruh tersebut disebabkan karena lendir, jaringan dan protein yang terpecah dan tercampur saat Anda buang air kecil.

Orange

Selain mengalami dehidrasi akut, urine yang berwarna orange juga dapat menandakan bahwa kadar bilirubin sangatlah tinggi. Bilirubin sendiri merupakan pigmen warna kuning yang dihasilkan dari perombakan sel darah merah yang sudah lama. Jika bilirubin terlalu banyak dalam darah, ini dapat menjadi tanda ada gangguan pada liver Anda.

Cokelat

Umumnya warna urine cokelat disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi jika Anda tidak sedang mengonsumsi obat-obatan namun warna urine cokelat, kemungkinan ada masalah pada liver ataupun ginjal.

Pink tua

Jika hal ini terjadi pada Anda segeralah periksakan ke dokter. Karena warna urine pink tua kekungkinan ada kandungan darah pasa urine.

Nah itulah beberapa arti warna kuning pada urine dan warna lainnya sesuai dengan kondisi kesehatan. untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda selalu meminum air putih 6 hingga 8 gelas dalam setiap harinya.

Loading...
penyebab air kencing berwarna kuning terang - warna urin - warna urine kuning - kencing berwarna kuning - warna kencing - Arti warna urine - warna urine - air kencing kuning - air kencing berwarna kuning - air seni berwarna kuning - kencing kuning - urine kuning terang - urin kuning jernih - arti warna air kencing - warna urine dan artinya -