Bagaimana Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan?

By Categories : Penyakit

Wajah berminyak dan jerawatan adalah salah satu alasan mengapa wanita tidak percaya diri dengan penampilannya. Minyak yang sudah menjadi masalah di kulit wajah harus ditambah dengan adanya jerawat. Kusam, mengkilap, terlihat kotor karena jerawat, semua itu tak sedap dipandang menurut para wanita. Banyak wanita membeli kosmetik untuk memoles wajahnya tanpa memikirkan efek samping yang akan terjadi. Tidak sedikit pula yang tidak cocok menggunakan kosmetik asal dan hasilnya malah semakin parah.

Wajah Berminyak dan Jerawatan

Penyebab Wajah Berminyak dan Jerawatan

Untuk wajah berminyak dan jerawatan, butuh penanganan khusus, dalam arti kita harus benar-benar telaten merawat wajah agar senantiasa bersih. Jangan sampai kita biarkan kotoran menempel pada wajah kita. Jika kita biarkan, wajah kita akan semakin tidak enak dipandang. Sebagai kaum yang sulit jauh dari kosmetik, kita juga perlu memperhatikan apa saja kosmetik yang cocok untuk kondisi wajah kita. Tak sembarang kosmetik bisa kita gunakan. Penyebabnya bisa ada pada makanan yang dikonsumsi mengandung lemak, hormon yang tidak seimbang, kesalahan dalam memilih kosmetik, atau faktor keturunan.

Mencuci Muka dengan Sabun Cuci Muka yang Tepat

Ada beberapa cara meminimalisir minyak pada wajah berminyak dan jerawatan. Cuci muka agar kotoran tidak mudah menempel, setidaknya 2x sehari dengan sabun pencuci muka yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Usahakan cari yang mengandung tea tree oil karena ekstrak minyak dari pohon ini dipercaya ampuh sebagai perawatan wajah berminyak dan berjerawat.

Air Putih dan Air Hangat sangat Berguna bagi Tubuh terutama Wajah

Meminum air putih juga dapat mengurangi wajah berminyak dan jerawatan. Sedikitnya konsumsi 8 gelas setiap hari. Gunakan juga air hangat dicampur garam untuk membasuh muka kita karena air hangat dapat membuka pori di wajah kita dan garam berguna untuk mengangkat kotoran pada wajah. Setelah dibersihkan, basuh dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

Khasiat Buah-buahan untuk Merawat Wajah Berminyak dan Jerawatan

Buah tomat/timun/kentang juga bagus untuk merawat wajah berminyak dan jerawatan. Gunakan sebelum tidur dengan cara bersihkan muka dan usapkan buah tersebut setelah dibagi menjadi dua potong, diamkan hingga keesokan harinya. Setelah itu basuhlah dengan air dingin.

Daun Seledri Mampu Mengurangi Minyak di Wajah

Siapa yang tak kenal dengan daun seledri? daun ini bagus juga untuk merawat wajah berminyak dan jerawatan. Selain sebagai penyedap makanan, daun seledri ini mampu untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya, didihkan air dan potong kecil-kecil daun ini kemudian masukkan daun seledri yang telah dipotong. Rebus selama 15-20 menit. Angkat, lalu dinginkan. Oleskan merata ke seluruh wajah dan tunggu sampai benar-benar meresap. Setelah itu bersihkan dengan pembersih muka khusus untuk wajah berminyak dan berjerwat
Rawat wajah kita secar rutin agar hasilnya tidak mengecewakan karena sesungguhnya merawat wajah berminyak dan jerawatan tidak semudah merawat kulit wajah normal. Beberapa cara telah dipaparkan pada artikel ini, semoga bermanfaat.

Jerawatan - wajah berminyak banyak jerawatnya -