Bahan Alami Penyubur Rambut

By Categories : Tips Perawatan

Rambut adalah mahkota yang dimiliki seseorang khususnya bagi wanita, sehingga setiap wanita pasti akan berusaha menjaganya agar terlihat sehat. Namun, pada kenyataannya banyak masalah yang dihadapi mengenai rambut yang kurang sehat. Misalnya rambut berketombe, rambut bercabang, rambut rontok, bahkan banyak yang mengalami rambut tidak subur. Rambut tidak subur akan menjadi permasalahan sendiri bagi seorang wanita karena hal ini akan mempengaruhi penampilan. Ada banyak produk yang menawarkan obat penyubur rambut, namun tentunya obat-obat tersebut memiliki efek samping karena terbuat dari bahan kimia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggantinya dengan bahan alami penyubur rambut.

Selain menghemat biaya, menggunakan bahan alami untuk menyuburkan rambut juga dapat menyehatkan kulit kepala. Keuntungannya adalah dengan bahan alami umumnya tidak memiliki efek samping. Sehingga rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat.

Bahan Alami Penyubur Rambut

Bahan Alami Penyubur Rambut yang Bisa Anda Coba

Menyuburkan rambut dengan bahan alami tentu lebih dianjurkan dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan lainnya. Selain lebih terjangkau, bahan-bahan yang digunakan cukup mudah Anda dapatkan. Berikut bahan alami penyubur rambut yang bisa Anda gunakan.

Lidah Buaya

Bahan alami yang pertama ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat umum mengenai khasiatnya yaitu salah satunya membuat rambut Anda subur dan mengatasi segala masalah pada rambut Anda. Hal itu dikarenakan oleh kandungan tonik dan nutrisi di dalamnya. Penggunaannya pun sangat mudah hanya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada rambut Anda dari mulai pangkal sampai dengan ujung rambut. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Minyak Zaitun

Selain menggunakan lidah buaya sebagai bahan penyubur rambut, Anda juga bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Cara penggunaannya pun sangan mudah hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada semua bagian rambut sambil dengan dipijat lembut. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mendiamkan semalaman, dan pagi harinya lalu bilas dengan bersih menggunakan shampo. Setelah melakukan stretmen menggunakan minyak zaitun yang akan membuat rambut Anda menjadi subur, juga bisa membuat rambut Anda tampak halus dan lembut.

Santan

Bahan yang satu ini memang terdengar aneh ketika dijadikan sebagai penyubur rambut, karena pada umumnya santan hanya dikenal sebagai bahan masakan. Namun yang harus Anda ketahui santan juga memiliki manfaat sebagai penyubur rambut dan selain itu juga bisa membuat rambut tampak hitam dan mengkilap. Adapun caranya hanya dengan mengaplikasikan santan pada kulit kepala Anda, lalu diamkan 15 menit. Setelah itu baru Anda bisa mencucinya dengan air bersih dan shampo.

Madu

Bahan alami selanjunya yang digunakan sebagai penyubur rambut adalah madu. Bahan yang satu ini selain dipercaya sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami juga memiliki manfaat sebagai penyubur rambut, hal itu dikarenakan madu memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan akar rambut dengan cepat. Caranya adalah cukup dengan memijat kulit kepala Anda dengan madu, diamkan beberapa menit setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Kemiri

Kemiri dapat dengan mudah dijumpai di dapur sebagai bahan masakan. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menyuburkan rambut secara alami. Cara menggunakannya adalah dengan menyediakan 6 biji kemiri yang ditumbuk halus kemudian tambahkan air secukupnya. Masak kemiri yang sudah halus tersebut hingga mengeluarkan minyak. Anda dapat menggosokan minyak kemiri pada kulit kepala.

Cara yang kedua adalah dengan membuat ramuan kemiri. Yang perlu disediakan adalah 10 gram kemiri, 6 lembar daun mangkokan 6 lembar daun urang aring, 2 lembar dan pandan, 50 cc minyak kelapa dan minyak wijen, 14 kuntum bunga melati, dan 2 kuntum bunga mawar. Rebus semua bahan tersebut pada 2.000 cc air mendidih. Diamkan hingga tersisa air setengahnya. Saring rebusan ramuan tersebut dan digunakan untuk kulit kepala. Lakukan langkah ini 2 kali sehari.

Minyak Kelapa dan Jeruk Lemon

Selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa dan jeruk lemon. Caranya adalah dengan mengambil 1 sendok minyak kelapa serta 1 buah jeruk lemon. Jeruk lemon dicuci bersih terlebih dahulu kemudian peras untuk diambil airnya. Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat pelan kemudian diamkan sekitar 30 menit. Langkah terakhir ada bilas menggunakan air bersih.

Daun pare

Bahan alami penyubur rambut selanjutnya adalah daun pare. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan daun pare secukupnya dan cuci hingga bersih. Haluskan daun pare tersebut dengan cara ditumbuk. Saat menumbuk tambahkan sedikit air matang sedikit demi sedikit. Peras dan saring tumbukan daun pare tersebut sebelum dioleskan ke kulit kepala. Diamkan 30 menit agar nutrisi dalam daun pare meresap. Yang terakhir adalah dengan membilas menggunakan air bersih.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai bahan-bahan alami penyubur rambut yang dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut Anda seperti rambut rontok ataupun rambut botak.