Cara Ampuh Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Iritasi merupakan sebuah kondisi di mana kulit mengalami permasalahan seperti gatal, radang atau bersisik, kemerahan dan pecah-pecah. Seseorang yang mengalami iritasi kulit biasanya akan menimbulkan berbagai gejala, seperti gatal pada kulit, bersisik atau radang, rasa terbakar pada kulit, kulit kemerahan, nyeri pada kulit, kulit menjadi kering, ruam dan juga pecah-pecah. Sedangkan untuk penyebabnya, iritasi kulit sering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Paparan sinar matahari.
  • Sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit.
  • Produk kecantikan atau kosmetik.
  • Kotoran dan debu.

Nah itulah beberapa gejala dan penyebab dari iritasi kulit. Jika tidak segera diatasi, iritasi pada kulit tentunya dapat mengganggu penampilan jika iritasi terjadi pada daerah wajah. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi iritasi kulit yang dapat Anda coba.

cara mengatasi iritasi kulit

Cara mengatasi iritasi kulit secara alami

Kompres dengan air dingin

Cara yang pertama adalah dengan cara mengompres kulit yang teriritasi dengan menggunakan air dingin. Sensasi dingin yang dihasilkan dari kompres tersebut secara alami dapat meringankan kulit yang membengkak akibat iritasi. Caranya pun mudah, yaitu bungkus beberapa es batu menggunakan kain kemudian letakkan pada kulit yang mengalami iritasi. Lakukan hal ini secara teratur hingga iritasi yang Anda alami semakin membaik.

Cuka sari apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan manfaat, salah satunya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya, Anda dapat membuat cuka sari apel sendiri ataupun membelinya di toko terdekat. Kandungan zat yang ada di cuka sari apel dapat diandalkan untuk mengatasi iritasi kulit. Caranya, sediakan kapas secukupnya dan celupkan kapas tersebut pada sari apel secara rutin dan teratur.

Gel lidah buaya

Cara mengatasi iritasi kulit selanjutnya adalah dengan cara menggunakan gel lidah buaya. Selain bermanfaat untuk menebalkan rambut, gel pada lidah buaya juga sangat baik jika dimanfaatkan sebagai obat iritasi kulit. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu ambillah satu batang lidah buaya yang masih segar, patahkan lidah buaya tersebut, kemudian ambillah gelnya lalu oleskan pada kulit yang terkena iritasi. Diamkan beberapa menit hingga kering, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan.

Madu dan putih telur

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan campuran antara madu dan telur. Kandungan antioksidan pada madu berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab iritasi kulit. Caranya, campurkan madu dan putih telur hingga rata kemudian oleskan masker tersebut pada daerah kulit yang terkena iritasi. Diamkan 15-20 menit hingga mengering, kemudian Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Nah itulah beberapa cara mengatasi iritasi kulit secara alami yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Cara mengobati kurap secara alami.

obat iritasi kulit - iritasi - obat iritasi - iritasi kulit - cara mengatasi iritasi kulit - obat iritasi kulit wajah - obat untuk iritasi kulit - cara menyembuhkan iritasi kulit - iritasi kulit karena koyo - obat iritasi ketiak - cara alami mengobati iritasi - cara mengatasi iritasi - mengilangkan iritasi pada ket - masker wajah alami untuk kulit iritasi - tip mengobati radang kulit secara alami -