Cara Menaikkan Trombosit pada Pasien Demam Berdarah

By Categories : Kesehatan

Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Beberapa gejala yang sering ditemui pada penderita demam berdarah antara lain  demam tinggi, sakit kepala, nyeri perut, rasa sakit pada belakang mata, pendarahan, hingga nyeri otot dan tulang. Penyakit ini menyebabkan trombosit di dalam darah semakin menurun.

Cara Menaikkan Trombosit

Trombosit itu sendiri merupakan salah satu komponen darah yang penting, sehingga jika mengalami penurunan dapat menyebabkan pendarahan dan dapat mengakibatkan kematian. Jumlah tombosit dalam keadaan normal antara lain 100.000 hingga 400.000, sehingga jika kadar trombosist kurang dari normal harus segera menaikkannya kembali agar tidak terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan. Lantas bagaimana caranya? Berikut adalah cara menikkan trombosit pada pasien demam berdarah yang dapat Anda coba.

Cara menaikkan trombosit di dalam tubuh

Istirahat dan tidur yang cukup

Cara yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Setidaknya Anda harus istirahat 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Dengan begitu, hal ini dapat membantu tubuh untuk kembali fresh dan segar dan tubuh akan dapat memproduksi trombosit lebih banyak.

Mengonsumsi makanan kaya asam folat dan vitamin B12

Tahukah Anda asam folat dan vitamin B12 memiliki peranan yang sangat penting dalam memproduksi elemen darah, salah satunya yaitu trombosit. Makanan yang kaya akan asam folat antara lain kacang kering, bayam dan juga jeruk. Sedangkan daging kambing, keju, susu, hati, dan telur kaya akan vitamin B12 yang tinggi.

Mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega 3

Sama seperti makanan yang kaya akan asam folat dan B12, makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga dapat meningkatkan trombosit secara alami serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu tubuh dapat lebih sehat dan bugar. Beberapa makanan yang mengandung omega 3, yaitu ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan dan jenis ikan lainnya.

Perbanyak minum air putih

Seperti yang Anda ketahui, dalam sehari tubuh memerlukan air 1,5 hingga 2 liter. Jika rutin dan teratur dalam minum air putih tentu saja hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan trombosit. Karena trombosit merupakan sel-sel darah yang terbuat dari air dan juga protein.

Hindari obat tertentu

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari obat-obatan tertentu, seperti aspirin dan ibuprofen. Meskipun jenis obat tersebut mampu meredakan nyeri dan demam, akan tetapi obat tersebut juga dapat menghambat produksi dan fungsi dari tromosit itu sendiri.

Mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral

Mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral juga merupakan cara paling efektif untuk menaikkan trombosit. Anda bisa memberikan kepada demam berdarah 1.000 IU vitamin C dalam setiap harinya. vitamin tersebut dapat larut dalam air, sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. selain itu, suplemen ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat meningkatkan kadar trombosit di dalam tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai cara menaikkan trombosit pada pasien demam berdarah. Baca juga  obat tradisional demam berdarah pada anak

trombosit - cara menaikan trombosit - cara menaikkan trombosit - obat dbd menaikan trombosit - cara meningkatkan trombosit - cara meningkatkan trombosit pada orang dewasa - Makanan penambah trombosit - obat penambah trombosit - cara menambah trombosit - menaikan trombosit - menaikkan trombosit - penambah trombosit - obat menaikan trombosit - meningkatkan trombosit - cara cepat menaikan trombosit -