Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Memiliki postur tubuh yang ideal merupakan salah satu harapan bagi setiap orang. Seseorang dapat dikatakan memiliki postur tubuh yang ideal dimana seseorang tersebut memiliki berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Pada umumnya tinggi tubuh yang dimiliki seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik. Akan tetapi Anda jangan khawatir karena Anda dapat mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara merubah gaya dan pola hidup. Saat ini ada banyak alat hingga obat yang menawarkan untuk menambah tinggi badan secara cepat dan instan.

Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Akan tetapi, seperti yang Anda ketahui segala sesuatu yang serba instan pastinya tidak baik dalam menunjang kesehatan tubuh. Oleh karena itu, berikut adalah cara menambah tinggi badan secara alami yang dapat Anda coba.

Tips menambah berat badan secara cepat dan alami

Olahraga secara rutin

Cara menambah tinggi badan adalah dengan cara melakukan olahraga secara rutin. Selain dapat menyehatkan badan, olahraga yang Anda lakukan dengan tepat juga dapat membantu Anda untuk menambah tinggi badan. Ada beberapa jenis olahraga yang baik untuk meninggikan badan yang dapat Anda coba, seperti basket, volley, bersepeda, lari sprint, berenang, menendang ataupun yoga. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  • Berenang

Yang pertama adalah dengan cara berenang. Bagi Anda yang ingin menambah tinggi badan, salah satu olahraga yang dapat Anda coba adalah berenang. Seperti yang Anda ketahui olahraga yang satu memiliki beberapa manfaat salah dapat menambah tinggi badan. Tak hanya itu saja, berenang juga dapat membuat tubuh lebih fleksibel dan sehat. Untuk hasil terbaik tak ada salahnya untuk berenang 30 menit dalam setiap harinya.

  • Stretching

Yang kedua adalah stretching. Selain berenang, stretching juga merupakan cara ampuh menambah tinggi badan. Lakukan hal ini sehabis bangun tidur yaitu 75 kali gerakan menendang masing-masing kaki. Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda minum susu yang mengandung kalsium tinggi.

  • Bersepeda

Cara menambah tinggi badan selanjutnya adalah bersepeda. Bersepeda dapat menambah berat badan Anda karena gerakan kaki pada saat mengayuh, otot kaki akan terstimulasi untuk menambah tinggi badan. Namun tak hanya itu saja, bersepeda 10 hingga 15 menit per hari juga merupakan salah satu cara mengecilkan dan mengencangkan paha paling ampuh.

  • Yoga

Umumnya yoga digunakan setiap orang untuk membuat tubuh lebih rileks dan tenang. Akan tetapi tak hanya itu saja manfaat yoga. Yoga juga dapat meninggikan  badan ada beberapa gerakan yoga untuk meninggikan badan yang dapat Anda coba. untuk hasil yang lebih maksimal jangan lupa untuk minum susu yang kaya kalsium.

  • Lari

Jenis olahraga yang satu ini juga dapat membantu mempercepat masa pertumbuhan yang dapat membuat tubuh tambah tinggi. Selain menyehatkan, olahraga ini juga dapat membuat Anda untuk mendapatkan berat ideal. Lakukan olahraga lari secara teratur setiap harinya.

  • Tidur teratur

Seperti yang kita ketahui pertumbuhan manusia hampir 95% terjadi pada saat tidur. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tinggi badan yang proporsional sebaiknya Anda menghindari begadang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tak ada salahnya untuk minum susu berkalsium sebelum tidur. Selain sangat baik untuk pertumbuhan tinggi badan, tidur tertaur juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

Mengonsumsi makanan bergizi

Selain berolahraga, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Hal ini dikarenakan ada beberapa macam makanan yang dapat menunjang tinggi badan. Berikut adalah beberapa makanan bergizi yang dapat menambah tinggi badan Anda.

  • Kalsium
    Makanan yang pertama adalah makanan yang kaya akan kalsium. Seperti yang Anda ketahui, kalsium merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan serta menjaga tulang agar tetap sehat. Sumber kalsium alami yang dapat Anda konsumsi adalah telur, pisang, yogurt, susu, keju dan masih banyak lagi.
  • Protein
    Sama halnya dengan kalsium, protein juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan tulang. Protein merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk memaksimalkan tinggi badan. Hal ini dikarenakan protein dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak dan menyediakan sel-sel tubuh yang baru agar berkembang lebih maksimal. Protein dapat  Anda temukan dalam makanan, seperti ikan laut, oatmeal, kacang hijau, susu, keju, kacang kedelai dan lainnya.
  • Cukupi asupan vitamin D
    Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan protein, Anda juga harus mencukupi asupan vitamin D setiap harinya. Mengapa demikian? Karena vitamin D yang Anda konsumsi dapat membantu penyerapan kalsium dengan baik. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk menguatkan tulang agar tidak mudah rapuh dan keropos. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D antara lain kacang almond, ikan, telur, susu kedelai dan juga sinar matahari.

Demikianlah ulasan tentang cara menambah tinggi badan secara alami.