Cara Mencegah Batu Ginjal Secara Alami

By Categories : Penyakit

Batu ginjal (kindney stone) merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh beberapa orang. Pada umumnya dialami oleh para pria yang berusia 30 hingga 50 ke atas. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, faktor keturunan, sering menahan atau jarang buang air kecil dan tentunya sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pengawet dan bahan kimia.

csa

Jika seseorang terkena penyakit ini salah satu gejala yang ditimbulkan oleh batu ginjal adalah sakit saat buang air kecil, volume urine yang sedikit dan berwarna kuning keruh, bengkak pada mata, kaki dan nyeri pinggang yang terlalu sering. Namun Anda jangan khawatir, kali ini akan dijelaskan tentang cara mencegah batu ginjal secara alami. Penasaran? Berikut ulasannya!

Cara Mencegah Batu Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

Minum air putih secara rutin

Selain bermanfaat untuk kecantikan, air putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya sebagai cara mencegah  batu ginjal. Seseorang yang mengonsumsi air putih 8 gelas sehari atau 1,5 hingga 2 liter per hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit batu ginjal. Hal ini karena air putih yang Anda minum dapat membantu untuk memecahkan hingga menghancurkan batu ginjal yang ada pada saluran kemih (ureter). Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu tubuh melancarkan proses metabolisme untuk membuang racun yang tidak berguna dalam tubuh.

Mengurangi beberapa makanan tertentu

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab batu ginjal adalah sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Agar terhindar dari penyakit tersebut sebaiknya Anda mulai menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal salah satunya adalah menghindari makanan yang kaya akan oksalat seperti, kedelai, bayam, kacang-kacangan, cokelat, teh dan juga ubu jalar. Tak hanya itu, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi minuman bersoda dan jus anggur. Karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedua minuman tersebut dapat meningkatkan resiko batu ginjal.

Mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A

Cara mencegah batu ginjal yang selanjutnya Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya Vitamin A untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Hal ini karena Vitamin A dapat membantu untuk menyehatkan fungsi sistem urine dan tentunya adapat mencegah pembentukan batu ginjal pada ureter. Untuk mencukupi kebutuhan Vitamin A setiap harinya, Anda dapat mengonsumsi makanan berikut ini seperti, melon, brokoli, ikan, wortel dan hati.

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan Vitamin B6

Salah satu pemicu terjadinya batu ginjal adalah makanan yang mengandung oksalat. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan juga Vitamin B6. Hal ini karena ke dua kandungan tersebut dapat berperan untuk mengurangi kadar kalsium oksalat dalam urine. Anda dapat menemukan kandungan magnesium dan B6 pada ikan, alpukat, biji-bijian, buah pisang, melon, ikan tuna dan juga brokoli.

Nah itulah beberapa cara mencegah batu ginjal secara alami. Selain cara di atas, Anda juga harus berolahraga secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat dan prima. Baca juga Makanan untuk kesehatan ginjal.

cara mencegah batu ginjal - mencegah batu ginjal - bagaimana caramengatasi agar tidak terkena batu ginjal - pencegahan batu ginjal - pebjegah batu ginjal alami - mencegah ter jadi nya btu ginjal - cara pencegahan dan mengobati batu ginjal - cara mencegah terjadinya batu ginjal - cara mencegah penyakit batu - cara mencegah batu - cara mencegah ada nya batu ginjal dengan makanan alami - sengal pada pinggang sebelah kiri -