Cara Mencegah Kelahiran Prematur Pada Bayi

By Categories : Kesehatan

Para ibu hamil tentunya berharap bayi yang ia lahirkan dalam keadaan sehat dan juga normal. Di dunia ini tidak ada seorang pun yang ingin melahirkan bayinya dalam keadaan prematur atau yang biasa disebut dengan lahir sebelum waktu yang seharusnya. Seperti yang Anda ketahui bayi yang prematur rata-rata memiliki berat badan yang kurang, hal ini tentunya dapat membuat bayi lebih rentan terhadap penyakit. Ada beberapa penyebab kelahiran prematur yang harus Anda ketahui salah satunya yaitu kurangnya vitamin dan nutrisi pada ibu hamil. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Berikut adalah cara mencegah kelahiran prematur pada bayi.

Cara Mencegah Kelahiran Prematur Pada Bayi

Tips mencegah bayi lahir secara prematur

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi

Cara yang pertama adalah dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisi. Hal ini dikarenakan janin yang Anda kandung tentunya menyerap vitamin dan nutrisi yang Anda konsumsi. Oleh karena itu selama hamil, sebaiknya Anda meningkatkan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Nutrisi baik untuk hamil di antaranya adalah asam folat. Asam folat yang Anda konsumsi berperan penting dalam perkembangan janin. Tak hanya itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah kelainan pada janin seperti cacat lahir ataupun kelahiran prematur.

  • Menjaga berat badan ideal

Ketika memasuki masa kehamilan berat badan seorang ibu hamil pastinya akan bertambah. Ini dikarenakan pertumbuhan janin dan juga pengaruh hormon kehamilan. Seorang ibu hamil yang memiliki berat badan yang terlalu kurus ataupun terlalu gemuk tentunya juga akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan bayi dan ibu hamil. Selain dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan yang tidak ideal juga dapat menyebabkan keguguran.

  • Minum air putih

Cara mencegah kelahiran prematur selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air putih. Air putih yang Anda konsumsi dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Karena jika ibu hamil mengalami dehidrasi hal ini dapat memicu kontraksi dan menyebabkan kelahiran prematur. Mulailah minum air putih 2 liter per hari atau 8 gelas dalam setiap harinya.

  • Hindari kebiasaan buruk

Tidak hanya para pria saja yang melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, saat ini para wanita pun gemar melakukan hal tersebut. Namun sebaiknya ibu hamil menjauhi kebiasaan buruk yang satu ini, kebiasaan buruk seperti itu pun dapat memicu kelahiran prematur pada bayi.

  • Rutin melakukan pemeriksaan

Ibu hamil sangat dianjurkan dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dalam setiap bulannya. Hal ini karena pemeriksaan secara rutin dapat meminimalisirkan berbagai macam resiko yang terjadi pada kehamilan tak terkecuali kelahiran prematur.

Nah itulah beberapa cara mencegah kelahiran prematur pada bayi. Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan mulut. Karena kesehatan mulut sangatlah berpengaruh pada organ yang lain. Ibu hamil disarankan untuk selalu rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut. Baca juga artikel mengenai Pantangan untuk ibu hamil.

cara mencegah bayi lahir prematur - Bagaimana cara mencegah bayi prematur - 10 cara mencegah bayi lahir prematur - mencegah kelahiran cacat atau prematur - mencegah agar tidak lahir prematur - cara menjaga janin agar tidak lahir prematur - cara menghindari persalinan prematur - cara mencegah prematur - cara mencegah lahir prematur - cara mencegah bayi kahir frematur - cara mencegah agar bayi tidak lahir prematur - bagaimana cara mengatasi bayi cacat dan prematur - Penjelasan tentang bayi prematur dan cara menghindarinya -