Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online dan Offline

By Categories : Kesehatan

BPJS yang merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial didirikan oleh pemerintah sebagai penyedia layanan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hingga kini terdapat dua jenis program BPJS yang bisa kita nikmati, yakni jaminan kesehatan dan kaminan ketenagakerjaan. Dengan adanya kedua program tersebut diharapkan akan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan jaminan sosial dan ketenagakerjaan. Namun betapapun bagus dan bergunanya program-program tersebut, tidak akan dengan maksimal dapat memenuhi kebutuhan masyarakat jika sosialisasi yang dilakukan sangat kurang. Sebagai hasil, masih banyak masyarakat kita yang tidak tahu cara mendaftar BPJS kesehatan.

Dan jika Anda adalah satu dari jutaan orang yang tidak tahu menahu perihal cara mendaftar BPJS kesehatan, maka disini Anda bisa sedikit belajar tentang hal tersebut. Secara garis besar, cara mendaftar BPJS kesehatan ada 2 macam, yakni offline dan online. Masing-masing metode memiliki tingkat kemudahan yang berbeda-beda dan hendaknya Anda memilih metode pendaftaran yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi Anda saat ini. Sebagai contoh, jika Anda tidak paham perihal internet ada baiknya Anda mendaftar secara offline saja, begitu sebaliknya jika Anda merasa mampu melakukan pendaftaran online maka hal tersebut tentu akan memudahkan Anda. Baca juga Manfaat madu untuk kesehatan ibu hamil.

cara mendaftar bpjs kesehatan perorangan,

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Langsung (offline)

– Persiapkan persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti fotokopi KK, KTP, foto terbaru 3×4 1 lembar, dan juga iuran bulan pertama dengan jumlah disesuaikan dengan kelas yang ingin Anda daftar (25ribu, 42ribu, atau 59ribu).
– Datangi kantor AsKes atau yang sekarang berubah menjadi kantor BPJS terdekat. Jika memungkinkan Anda bisa mendaftar secara kolektif dengan koordinasi dari ketua RT.
– Nantinya Anda akan diberikan form pendaftaran. Isilah dengan cermat dan teliti, jangan sampai ada kesalahan penulisan serta harus sesuai dengan dokumen yang Anda miliki. Kesalahan dalam mengisi form bisa panjang urusannya dikemudian hari.
– Setelah formulir terisi, Anda akan diberi virtual account yang nantinya akan Anda gunakan sebagai media pembayaran maupun transfer dana klaim saat dibutuhkan.
– Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk.
– Kembali ke kantor BPJS dengan menyerahkan bukti transfer, lalu tunggu hingga kartu BPJS Anda selesai dicetak.
– Selesai.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan secara Online

– Persiapkan copy scan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, KK, kartu NPWP, dan no rekening bank.
– Silakan mengunjungi bpjs-kesehatan.go.id, pilih menu Pendaftaran Online E-Registrasi di halaman utama.
– Baca persyaratan dan peraturan yang ada, lalu klik “Pendaftaran” jika Anda setuju.
– Isi form yang tersedia, dan pastikan Anda mencantumkan no HP, email, dan rekening bank yang Anda miliki untuk korespondensi dikemudian hari.
– Proses pendaftaran selesai. Pembayaran akan dikenakan di bulan mendatang.

teks prosedur tentang pendaftaran peserta bpjs kesehatan secara online - beda bpjs online - tujuan pendaftaran bpjs secara offline - teks prosedur kompleks mengurus bpjs offline - syarat dan ketentuan membuat bpjs kesehatan offline - syarat daftar bpjs secara offline - petbedaan daftar bpjs online dan offline - langkah langkah teks prosedur mengenai pendaftaran peserta/bpjs kesehatan secara online - contoh teks prosedur tentang cara pendaftaran bpjs kesehatan secara online - cara daftar bpjs online dan offline - cara daftar bpjs kesehatan perorangan offline - bpjs online dan offline ? - beda kartu fisik bpjs online sama offline - yeks prosedur membuat bpjs online -