Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Hampir semua orang pernah mengalami bau mulut. Bau mulut yang terjadi tentu saja dapat membuat seseoang tidak percaya diri ketika akan berbicara dengan teman lainnya. Pada umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan bau mulut, mulai dari kurangnya menjaga kebersihan mulut, mengonsumsi makanan yang memicu bau mulut, kebiasaan merokok, sariawan, melewatkan sarapan serta karena gigi berlubang.

Cara Mengatasi Bau Mulut

 Meskipun sangat mengganggu, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan hal berikut ini untuk mengatasi bau mulut. Penasaran? Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara mengatasi bau mulut secara alami.

Inilah cara mengatasi bau mulut secara alami

Selalu menggosok gigi

Cara yang pertama adalah rutin menggosok gigi. Menggosok gigi secara rutin tentu saja dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di gusi maupun di sela-sela gigi. Akan tetapi saat menggosok gigi janganlah terlalu agresif. Karena hal ini dapat membuat enamel gigi hancur dan pastinya hal ini dapat menyebabkan gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

Menggunakan obat kumur anti-bakteri

Setelah menggosok gigi Anda juga harus berkumur dengan obat kumur anti bakteri. Hal ini sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri yang masih tertinggal di dalam mulut. Hal ini pun merupakan cara ampuh untuk menghilangkan karang gigi dan mencegahnya datang kembali.

Mengurangi makanan pemicu bau mulut

Selain kurang rajin dalam membersihkan gigi, mengonsumsi makanan yang dapat memicu bau mulut juga dapat menyebabkan hal ini. oleh karena itu sebaiknya Anda menghindarinya terlebih jika Anda akan datang ke suatu acara yang sangat penting. Beberapa makanan pemicu bau mulut yang harus Anda hindari antara lain, jengkol, petai dan lainnya.

Mengunyah permen karet

Seperti yang Anda ketahui di dalam mulut pun terdapat bakteri penyebab bau mulut. Saat mulut kering pastinya, bau mulut Anda akan menjadi tidak sedap. Oleh karena itu cobalah untuk menguyah permen karet untuk merangsang produksi air liur di dalam mulut. Karena salah satu manfaat air liur tersebut berguna untuk membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

Mengonsumsi buah-buahan

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Jika bau mulut yang terjadi disebabkan oleh sariawan, maka salah satu cara yang paling efekif untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah yang dapat Anda konsumsi adalah buah yang kaya akan vitamin C.

Sarapan pagi

Sudah dijelaskan tadi bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah karena sering melewatkan sarapan pagi. Nah bagi Anda yang jarang sapan, mulailah untuk sarapan setiap hari. karena sarapan pagi dapat membunuh bakteri yang ada di dalam mulut karena produksi air liur di dalam mulut meningkat.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi bau mulut secara alami. Baca juga  cara merawat gigi keropos secara alami