Cara Mengatasi Masuk Angin Dengan Cepat dan Alami

By Categories : Kesehatan

Masuk angin merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang setiap orang.  Bahkan jika tidak segera diatasi penyakit yang satu ini dapat menyiksa. Beberapa hal yang dapat menyebabkan masuk angin adalah suhu udara terlalu dingin, hujan-hujanan, kurang istirahat, telat makan dan juga pergantian musim. Untuk menghindari hal ini Anda bisa melakukan berbagai macam pencegahan seperti makan secara teatur, menghindari minuman dingin serta menggunakan jaket tebal saat bepergian. Namun jika sudah terlanjur terkena masuk angin, berikut adalah cara mengatasi masuk angin yang dapat Anda coba.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Cara ampuh mengatasi masuk angin

Madu dan lemon

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan campuran madu dan lemon. Campuran yang satu ini dapat dibilang salah satu obat masuk angin  tradisonal paling ampuh dan enak. Karena madu kaya akan kandungan gizi yang berguna untuk mempercepat proses peremajaan sel tubuh. Sedangkan lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu jika tubuh menunjukkan gejala masuk angin cobalah untuk membuat ramuan tradisional ini untuk mengatasinya.

Menggunakan bawang putih

Yang kedua adalah dengan cara memanfaatkan bahan alami yaitu bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu makanan antibiotik alami yang sangat baik untuk mengatasi masuk angin. Karena selain dapat meningkatkan sistem imun tubuh, bawang putih juga dapat melawan bakteri ataupun virus penyebab masuk angin. Cara memanfaatkannya pun mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mencampurkannya ke dalam masakan.

Menggunakan jahe

Cara mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Selain memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti bakteri, jahe juga memiliki sifat yang dapat menghangatkan tubuh. dengan begitu tanaman herbal yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi masuk angin. Cara memanfaatkannya pun mudah, yaitu ambil beberapa ruas jahe kemudian hancurkan. Setelah itu, masukkan ke dalam segelas air hangat. Untuk memberikan rasa manis Anda bisa menambahkan madu ataupun gula pasir.

Rebusan air daun pepaya

Daun pepaya juga merupakan makanan yang mengandung antibiotik alami sama seperti bawang putih yang sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin. Meskipun sudah terbukti ampuh, akan tetapi banyak orang yang menghindarinya karena rasanya yang sangt pahit. Cara mengonsumsinya yaitu ambil beberapa lembar daun pepaya, cuci hingga bersih lalu rebus dalam satu lite air. Setelah air rebusan tersisa setengahnya Anda bisa mengonsumsinya. Selain direbus, daun pepaya juga dapat dikonsumsi dengan cara ditumis.

Hindari susu dan minuman berkafein

Berikutnya adalah menghindari susu dan minuman berkafein. Ini dikarenakan susu mengandung laktosa tinggi yang sulit untuk dicerna tubuh sedangkan kafein juga dapat membuat perut menjadi semakin kembung.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami. Baca juga efek dan manfaat kerokan bagi kesehatan.

Cara menyembuhkan masuk angin - jamu herbal memperlancar BAB - cara menghilangkan stretch mark secara tradisional loc:ID -