Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Terlalu Lama di Depan Komputer

By Categories : Kesehatan

Sebagai seorang karyawan yang bekerja dengan menggunakan laptop, komputer ataupun gadget tentu saja pernah merasakan seperti rasa lelah, pusing dan juga lesu. Ditengah kesibukan untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan yang ada, jika dibuarkan secara terus menerus tentu saja dapat membuat penglihatan menjadi terganggu hingga bahkan dapat merusak penglihatan. Bagi Anda yang bekerja seperti ini, ada beberapa cara  mengatasi mata lelah karena terlalu lama di depan komputer. Lantas apa saja caranya? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

cara mengatasi mata lelah

Cara mengatasi mata lelah dengan cepat dan secara alami

Istirahatkan mata sejenak

Cara paling mudah untuk mengatasi mata lelah karena terlalu lama menatap monitor adalah mengistirahatkan mata. Meskipun sedang sibuk dan banyak tus kantor menumpuk, pastikan Anda selalu mengistirahatkan mata selama 15 menit. Selama 15 menit tersebut Anda dilarang untuk melihat layar monitor ataupun handphone. Selain itu Anda juga bisa memfokuskan mata pada objek yang jauh selama beberapa detik. Hal ini berguna untuk agar otot mata Anda tetap rileks.

Sering berkedip

Yang kedua adalah dengan cara sering berkedip. Seperti yang Anda ketahui ketika sedang sibuk mengetik, intensitas kedipan mata akan semakin berkurang, hal inilah yang menyebabkan mata mnjadi kering dan tidak nyaman. Agar membuat tetap rileks dan sehat kedipkanlah mata setiap  10 sampai 15 detik sekali. Selain dapat membuat mata lebih rilkes, cara ini juga dapat membuat penglihatan menjadi lebih tajam.

Mengonsumsi vitamin dan mineral

Berikutnya adalah mengonsums vitamin dan mineral. Selain dapat mengatasi mata lelah, hal ini juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata paling ampuh dan efektif. Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan zink agar mata tetap sehat dan terjaga. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan agar penglihatan Anda tetap terjaga.

Memijat mata

Cara mengatasi mata lelah selanjutnya adalah dengan memijat mata. Lakukan hal ini ketika Anda benar-benar merasakan mata lelah ataupun kering. Cara memijat mata pun sangat mudah, yaitu tutuplah kedua mata Anda kemudian  tempatkan tengan telapak tangan di depannya. Agar lebih tenang dan rileks Anda juga bisa menambahkan aroma terapi di sekitar Anda.

Atur pencahayaan komputer

Cara berikutnya adalah dengan mengatur pencahayaan komputer. Pencahayaan yang kurang tepat juga dapat menyebabkan mata rusak. Pastikan pencahayaannya tidak terlalu teran ataupun redup. Tak hanya itu saja pastikan jarak mata dengan komputer sekitar 50 hingga 70 cm. Jika Anda dituntut bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah kacamaya khusus. kacamata tersebut dapat mencegah kerusakan mata.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mata lelah karena terlalu lama di depan komputer.

Baca juga makanan yang baik untuk kesehatan mata.

cara mengistirahatkan mata - cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama didepan komputer - mata lelah karena lama didepan komputer - cara mengatasi mata yg pegal karena layar komputer - cara mengistirahatkan mata yang lelah - tips mengist - mengatasi mata kelelahan laptop - cara menyembuhkan sakit mata akibat lama dihadapan komputer - cara mengistirahatkan - cara mengistir - cara mengist - cara menghilangkan kantung mata karena terlalu lama menatap komputet - cara mengatasi mata pegal karena laptop - cara mengatasi mata lelah karena terlalu lama didepan komputer - cara mengantisipasi mata ketika bekerja lama di depan komputer -