Cara Mengatasi Nyeri Pada Leher

By Categories : Kesehatan

Sakit leher atau nyeri pada bagian tengkuk merupakan sakit yang sering dialami oleh banyak orang. Sakit yang ditandai dengan rasa nyeri pada bagian sekitar leher dan pundak ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun sebelum kita membahas mengenai penyabab dan cara mengatasi nyeri pada leher sebaiknya kita mengetahui mengenai leher itu sendiri.

Cara Mengatasi Nyeri Pada Leher

Leher merupakan bagian tubuh yang sangat rawan di mana organ ini merupakan organ yang dapat menghubungkan kepala dan memiliki fungsi sebagaimana semestinya. Di dalam leher itu sendiri terdapat saluran-saluran penting yang dapat menghubungkan antara organ kepala menuju tubuh manusia di antaranya saluran pencernaan dan pernapasan.

Dalam kondisi tertentu seperti yang kita paparkan di atas, leher merupakan organ yang sangat rawan dengan segala cidera yang dapat menyebabkan nyeri pada leher. Sakit leher dapat terjadi oleh beberapa faktor di antaranya adalah posisi tidur yang salah, kelainan pada jaringan lunak, terdapat infeksi atau tumor pada leher. Nah itulah beberapa faktor yang dapat menyababkan nyeri pada leher. Kondisi tersebut memang sangat menggangu dalam segala aktivitas sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengatasi nyeri pada leher tersebut? Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

Berikut Cara Mengatasi Nyeri pada Leher

Mengompres dengan Air Hangat atau Dingin

Memberikan kompresan air hangat ataupun dingin ini bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada leher. Hal ini dikarenakan otot leher yang awalnya tegang menjadi mengendur setelah dilakukan pengompresan dengan air hangat ataupun air dingin. Sehingga rasa yang nyeri pada leher akan berkurang.

Pijatan Ringan

Selain melakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat ataupun air dingin, Anda juga bisa melakukan pijatan ringan. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah pada bagian leher yang dipijat, karena nyeri leher juga bisa disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar maka tidak heran jika nyeri leher disertai dengan sakit kepala karena kondisi tersebut disebabkan oleh asupan darah yang menuju ke kepala yang tidak lancar.

Streching

Untuk mengurasi rasa nyeri pada leher, Anda bisa melakukan streching atau peregangan otot-otot dalam tubuh. Namun untuk mengatasi nyeri pada leher gerakan streching lebih terfokus pada gerakan di area laher saja. Tapi, yang perlu Anda ketahui untuk melakukan gerakan streaching pada leher dengan cara perlahan agar tidak menyebabkan cidera.

Nah itulah beberapa cara mengatasi nyeri pada leher. Himbauan sebelum Anda mengalami masalah seperti nyeri pada leher sebaiknya Anda bisa melakukakn cara pencegahan seperti perhatikan kondisi bantal dan selalu luangkan waktu untuk istirahat ketika tubuh dalam kondisi lelah. Baca juga artikel ini Penyebab sakit kepala bagian belakang.

cara menghilangkan nyeri pada leher - obat cantengen leher apa ya -