Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

By Categories : Kesehatan

Menstruasi atau datang bulan merupakan salah satu kebiasaan yang selalu dialami wanita yang masih produktif dalam setiap bulannya. Seperti yang Anda ketahui saat datang bulan para wanita biasanya sering mengalami beberapa hal seperti pegal-pegal pada badan, nyeri dan juga sakit perut. Jika Anda mengalami hal tersebut Anda tidak perlu khawatir dan jangan buru-buru minum obat. Karena Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan cara alami. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi nyeri perut saat haid, berikut adalah penyebab nyeri saat haid.

cara mengatasi nyeri saat menstruasi

Penyebab nyeri haid yang tak tertahankan

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan  nyeri pada saat haid, salah satunya yaitu karena kontraksi.  Meskipun kontraksi halus pada otot dinding rahim terjadi sepanjang waktu, akan tetapi kontraksi ini akan semakin kencang pada saat menstruasi. Kontraksi tersebut akan menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Kurangnya dan ketiadaan oksigen inilah  yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Rasa nyeri tersebut akan semakin buruk dan tak tertahankan, karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia lainnya yang bernama prostaglandin. Prostaglandin inilah yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Tak hanya itu saja, prostaglandin juga dapat memicu kondisi lain, mulai dari sakit kepala, lemas, diare dan juga mual. Diduga, para wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga ia akan merasakan nyeri yang tak tertahankan. Selain karena adanya kontraksi, nyeri saat haid juga dapat disebabkan karena penyakit tertentu, seperti endometriosis, adenomiosis, fibroid, radang panggul dan lainnya.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Cara mengatasi nyeri perut saat haid

Kompres dengan menggunakan air hangat

Cara yang pertama adalah mengompres perut dengan air hangat. Cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan. Caranya taruh air hangat atau panas ke dalam botol dan letakkan botol tersebut pada perut Anda. Teknik ini merupakan cara untuk merelaksasikan perut dalam menghilangkan rasa nyeri.

Mengonsumsi makanan yang kaya zat besi

Seorang wanita yang memiliki tekanan darah rendah atau anemia akan lebih rentan mengalami nyeri saat haid berlangsung. Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini Anda sebaiknya mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Ada beberapa makanan kaya akan zat besi yang dapat Anda konsumsi. Seperti ubi rambat merah, bayam ataupun kacang-kacangan. Selain dapat mengatasi nyeri saat haid, sayuran tersebut juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Melakukan pijatan lembut

Cara mengobati nyeri perut saat menstruasi yang selanjutnya adalah dengan cara melakukan pijatan lembut. Pemijatan dapat Anda lakukan pada bagian perut bawah serta tulang pinggang secara merata. Akan tetapi saat melakukan pemijatan tersebut sebaiknya Anda berhati-hati karena salah pemijatan dapat menyebabkan rasa lebih nyeri. Agar pijatan yang Anda lakukan lebih maksimal, Anda juga dapat melakukan pijatan ringan pada otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.

Hindari minuman dingin dan alkohol

Selain cara di atas, Anda juga dapat mengatasinya dengan cara menghindari minuman dingin dan alkohol. Karena kedua jenis minuman tersebut dapat membuat nyeri yang Anda alami sangat parah. Sebaiknya gantilah minuman tersebut dengan minuman hangat yang dapat membuat perut Anda semakin baik.

Berbaring

Cara mengatasi nyeri tanpa obat selanjutnya adalah dengan cara berbaring. Cobalah untuk berbaring ditempat yang nyaman seperti di tempat tidur ataupun di sofa. Saat berbaring, gunakanlah bantal untuk menyangga lutut, kemudian ambillah napas panjang lewat hidung dan buang lewat mulut. Lakukan hal ini berulang kali hingga perut Anda terasa nyaman.

Berolahraga ringan

Saat datang bulan biasanya wanita malas untuk berolahraga. Akan tetapi tahukah Anda berolahraga ringan saat menstruasi dapat membantu Anda untuk mengatasi nyeri? Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan yaitu berjalan kaki ataupun jogging ringan.

Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam

Selanjutnya adalah dengan cara mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Selain nyeri perut, ketika datang bulan seringkali para wanita merasa badannya menjadi bengkak dan bahkan berat badannya pun naik. Hal ini dikarenakan ketika haid hormon membuat tubuh mengikat air lebih banyak. Sehingga sebaiknya Anda menghindari makanan yang kaya akan garam. Hal ini dikarenakan garam dapat mengikat cairan tubuh yang pada akhirnya menyebabkan tubuh terasa semakin bengkak.

Jangan sampai dehidrasi

Cara mengobati nyeri saat haid tanpa obat selanjutnya adalah minum air putih secara teratur. Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi ataupun kurang minum air putih saat datang bulan. Karena air putih yang Anda minum dapat melancarkan haid. Hindari pula kopi dan minuman bersoda, karena kedua minuman tersebut dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman.

Hindari begadang

Baik sedang menstruasi ataupun tidak, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dalam setiap harinya. selain dapat membuat Anda lebih fresh di pagi hari, tidur selama 7 jam per hari juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri perut saat datang bulan.

Nah itulah beberapa cara mengatasi nyeri saat menstruasi. Baca juga artikel terkait Makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi.

cara mengatasi kaki pegal saat haid - obat dilepen - cara mengatasi dilepen - dilepen - dilep - cara menghilangkan dilepen - dilepen menstruasi - obat untuk dilepen - solusi jika dilepen ketika haid - Cara mengatasi dil - cara menghilangkan nyeri haid dan pegal2 - cara menghilangkan sakit pinggang saat haid - cara menghilangkan sakit yang tak tertahankan saat haid - cara menyenbuhkan dilepen - bagaimana cara mengatasi dilepen -