Cara Mengatasi Rasa Ngilu Pada Gigi Berlubang

By Categories : Kesehatan

Gigi merupakan salah satu bagian terpenting dalam membantu kita untuk mencerna makanan. Sehingga membersihkan gigi secara teratur adalah hal yang harus dilakukan setiap harinya. Salah satu  masalah pada gigi yang sering menyerang  adalah ngilu pada gigi berlubang. Rasa ngilu dan nyeri pada gigi tersebut dapat mempengaruhi mood jika tidak segera diatasi. Sedangkan gigi berlubang disebabkan oleh beberapa hal seperti, sering makan makanan manis, malas membersihkan gigi dan juga cara menyikat gigi yang salah.

Oleh karena itu, rasa ngilu pada gigi berlubang sebaiknya segera diatasi. Karena jika terlalu lama diabaikan hal ini dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti jantung dan juga stroke. Berikut adalah cara mengatasi rasa ngilu pada gigi berlubang!10-penyebab-masalah-gigi-sensitif

Cara mengatasi rasa ngilu pada gigi secara alami

Berkumur dengan air garam

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan air garam. Air garam sudah terbukti secara efektif untuk mengatasi ngilu pada gigi. Hal ini karena garam mengandung sifat anti-bakteri yang dapat membunuh kuman dan virus penyebab gigi ngilu dan berlubang. Untuk menggunakan ramuan ini caranya mudah yaitu siapkan segelas air hangat kemudian campurkan dengan satu sendok garam. Aduk hingga rata kemudian kumurlah dengan menggunakan air campuran tersebut.

Minyak cengkeh

Rasa ngilu pada gigi tentunya merupakan hal yang sangat mengganggu. Maka dari itu, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan minyak cengkeh. Kandungan antioksidan pada minyak cengkeh dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa ngilu secara cepat. Selain dapat membunuh kuman penyebab ngilu, penggunaan minyak cengkeh juga sangat aman jika tertelan. Karena cengkeh memiliki kandungan alami dan rasanya yang sama seperti air. Caranya pun mudah yaitu ambillah kapas kemudian celupkan pada minyak cengkeh, lalu tempelkan pada gigi yang terasa ngilu.

Hindari makanan tertentu

Cara selanjutnya adalah dengan cara menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan gigi ngilu. Makanan penyebab gigi ngilu yang harus Anda hindari adalah makanan panas dan dingin. Hal ini dilakukan agar gigi ngilu tidak kambuh kembali untuk mengganggu Anda.

Bawang putih dan bawang merah

Meskipun kedunya memilki rasa yang anyir, namun bawang merah dan bawang putih adalah bahan alami yang efektif untuk menghilangkan ngilu pada gigi.  Hal ini karena bawang merah dan bawang putih mengandung enzim pembunuh kuman dan bakteri penyebab rasa ngilu dan nyeri. Caranya pun mudah, ambillah satu siung bawang putih atau bawang merah kemudian taburi sedikit garam kemudian kunyah perlahan selama 3 menit.

Nah itulah beberapa cara mengatasi ngilu pada gigi berlubang yang dapat Anda coba. Selain itu Anda juga dapat mengompres gigi ngilu dengan menggunakan es balok. Ini karena es balok dapat membius sel syaraf secara alami. Baca juga artikel lainnya tips memutihkan gigi dengan buah strawberry.

obat sakit gigi berlubang dan ngilu - cara mengatasi gigi ngilu karena berlubang - gigi ngilu berlubang - obat gigi ngilu karena berlubang - obat gigi berlubang dan ngilu - gigi berlubang ngilu - cara mengatasi gigi ngilu - cara menghilangkan ngilu pada gigi berlubang - cara menghilangkan rasa ngilu pada gigi berlubang - cara mengatasi ngilu pada gigi berlubang - obat ngilu gigi berlubang - obat gigi ngilu - cara mengatasi ngilu gigi berlubang - mengatasi gigi ngilu berlubang - cara mengatasi gigi ngilu dan berlubang -