Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami  dan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Sembelit atau yang biasa disebut dengan susah buang air besar merupakan suatu keadaan yang sangat menyiksa bagi mereka yang mengalaminya. Selain dapat menyebabkan perut kembung, tubuh mudah lelah dan tidak enak sembelit juga dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan bahkan jerawat. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali kotoran yang menumpuk di dalam tubuh.

cara mengatasi sembelit

Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Sebelum mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebab susah buang air besar terlebih dahulu, yaitu pola makan yang tidak seimbang, kurang asupan makanan berserat, kebiasaan menunda buang air besar ataupun karena gangguan pada sistem pencernaan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi sembelit secara alami dan pencegahannya.

Cara ampuh untuk mengatasi susah buang air besar

Jangan melewatkan makan

Seorang ahli pencernaan dan profesor kedokteran di Duke  University Hospital di Durham, NC, Joanne AP Wilson, MD menyatakan bahwa mengonsumsi makanan sesuai dengan jam makan dapat membuat isi di dalam perut bergerak menuju ke usus besar. Sehingga seseorang sering melewatkan jam makan seperti sarapan, makan siang ataupun makan malam sering mengalami sembelit ataupun gangguan pencernaan lainnya.

Mengonsumsi pencahar alami

Cara yang kedua adalah dengan mencoba pencahar alami. tak perlu menggunakan obat pencahar yang dijual di toko obat, Anda bisa menggunakan obat pencahar alami seperti buah dan sayur. Buah dan sayur yang Anda konsumsi kaya akan serat yang mampu mendorong makanan yang masih di dalam usus. Beberapa buah dan sayur kaya serat yang dapat Anda konsumsi adalah pisang, pepaya, alpukat, jeruk, brokoli, kol dan lainnya. Tak hanya itu saja, kata dr Wilson mengonsumsi secangkir kaldu hangat juga mampu melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi gandum

Selain buah dan sayur, gandum juga kaya akan serat lembut yang dapat membantu menggerakkan feses. Kata Elaine Feldman, MD, profesor emeritus of medicine di Medical College of Georgia mengonsumsi beberapa roti gandum, sedikit buah dan sayur dalam setiap harinya juga cukup mampu untuk mengatasi sembelit yang Anda derita.

Minum air putih

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan dengan minum air putih secara teratur. Minumlah 6 sampai 8 gelas dalam setiap harinya aar feses tetap lunak dan tidak menyebabkan konstipasi.  Robyn Karlstadt, MD, seorang ahli pencernaan di Rumah Sakit Graduate di Philadelphia juga menyarankan untuk minum air putih untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

Berolahraga

Ketika semua cara yang Anda lakukan gagal, cobalah untuk berolahraga. Dengan berolahraga akan merangsang usus untuk melancarkan feses. Beberapa olahraga yang dapat merangsang usus, antara lain berenang, berjalan kaki, jogging ataupun melakukan gerakan senam aerobik untuk mengatasi sembelit dan pastinya juga untuk menurunkan berat badan. Selain berolahraga, penelitian dari Inggris juga menyatakan bahwa minum secangkir kopi berkafein juga dapat merangsang pergerakan usus.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit dan pencegahannya yang dapat Anda coba.

cara mengatasi sembelit - cara mengobati sembelit - bagaimana Cara mengatasi sembelit - obat sembelit tradisional hml md - mengobati sembelit secara alami/ - cara untuk melancarkan bab dengan cara tradisional - cara obati sembelit yang alami - cara mudah mengatasi se - Cara mengatasi sembelit tradi - ramuan tradisional anak susah bab -