Cara Menghilangkan Varises

By Categories : Penyakit

Varises dalam istilah kesehatan merupakan pembuluh darah balik atau vena yang berada di dalam tubuh berfungsi untuk mengembalikan darah sisa olahan metabolisme dari seluruh jaringan tubuh kembali ke jantung. Gangguan penyakit varises sering kali terjadi di daerah kaki, terutama pada bagian betis dan pangkal paha. Jika di lihat varises mungkin hanya gangguan ringan secara fisik, tapi varises juga dapat berpotensi untuk menimbulkan rasa nyeri bahkan bisa berubah menjadi kondisi yang serius. Maka dari itu, varises harus mendapatkan penanganan yang benar. Namun sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan varises, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab varises.

cara menghilangkan varises

Gangguan penyakit varises bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena faktor keturunan, karena aktivitas sering duduk dan aktivitas menurunnya tingkat keelastisitas pada dinding pembuluh darah balik atau vena, sehingga menyebabkan pembuluh darah vena menjadi melemah yang menimbulkan peregangan pada varises. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa faktor penyebab varises paling lengkap.

  • Kehamilan

Seorang ibu hamil dapat meningkatkan resiko terkena varises. Hal ini dikarenakan ketika hamil akan terjadi peningkatan volume darah, di mana aliran darah dari kaki yang menuju ke pinggul akan menjadi berkurang.  Sebenarnya sirkulasi darah yang mengalami perubahan ini sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan janin. Akan tetapi kondisi ini juga memiliki efek samping yaitu pembuluh darah akan membesar pada bagian kaki. Oleh karena itu ibu hamil harus benar-benar bisa menjaga kesehatannya agar terhindar dari varises selama kehamilan berlangsung.

  • Usia

Selain kehamilan, usia juga dapat menyebabkan varises. Saat seseorang memasuki usia yang sudah tidak produktif lagi, pembuluh darah akan meningkat keelastisitasannya sehingga mudah merengangkan. Tak hanya itu saja, ketika usia bertambah katup vena juga akan melemah. Sehingga darah yang akan menuju jantung malah kembali menyebar ke seluruh jaringan tubuh.

Gejala penyakit varises paling umum

Sama seperti penyakit lainnya, varises juga memiliki gejala yang harus diwaspadai. Ciri-ciri dari penyakit ini dapat dilihat secara kasat mata, yaitu berupa perubahan warna dan adanya pembengkakan pada pembuluh vena.

Gejala paling umum yang sering ditimbulkan penyakit ini adalah bengkak ringan pada betis hingga pergelangan kaki dan juga gatal. Selain itu kaki juga kadang akan terasa berat dan nyeri. Dan jika tidak segera diatasi, varises dapat berpotensu menyebabkan komplikasi, seperti pendarahan, inflamasi pada vena dan ulkus vena.

Cara Mengatasi Varises yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menghilangkan varises sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri diantaranya dengan cara alami atau dengan cara yang sesuai dengan anjuran dokter. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mengobati varises paling ampuh.

Cara Ampuh Menghilangkan Varises Secara Alami

  • Mengurangi aktivitas duduk atau berdiri yang terlalu lama, karena kondisi tersebut membuat kaki khususnya betis harus menopang beban tubuh terlalu lama yang dapat memicu peregangan varises.
  • Memperhatikan berat badan dan asupan makan, obesitas atau kegemukan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit varises. Maka dari perhatikan berat badan dan asupan makan supaya tubuh tetap ideal dan tidak memicu timbulnya varises.
  • Olahraga, salah satu cara menghilangkan varises secara alami adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga memang sangat efektif sekali mengatasi gangguan varises pada kaki. Adapun jenis olahraga yang baik untuk dilakukan adalah berjalan kaki, bersepada dan senam. Ketiga jenis olahraga tersebut berfungsi meningkatkan sirkulasi darah pada bagian kaki.
  • Hindari pemakaian high heels terlalu sering. Cara menghilangkan varises secara alami berikutnya adalah dengan menghindari atau mengurangi pemakaian high heels. Hal ini karena posisi tumit yang rendah ataupun sejajar akan dapat memaksimalkan fungsi otot pada betis untuk bekerja. Namun jika Anda dituntut untuk menggunakan sepatu hak tinggi, pastikan Anda melakukan peregangan pada saat istirahat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kaki.
  • Hindari penggunaan celana panjang ataupun stocking yang terlalu ketat.
  • Kurangi mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Karena selain dapat memicu penyakit jantung kolesterol juga dapat menyebabkan varises.

Cara Mengatasi Varises Sesuai Anjuran Dokter

  • Mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat berfungsi meringankan varises
  • Mengonsumsi asam lemak omega-3 sebanyak 100 mg/ hari
  • Menggunakan stocking kompresi atau stocking khusus varises. Stocking merupakan terapi varises yang berfungsi menekan pembuluh darah dan membuat volume darah tidak tertahan di darah vena.
  • Mengonsumsi Ginkgo Bilopa perhari 2 kali sebanyak 120 mg.
  • Jika varises sudah melewati beberapa pengobatan dan terapi tapi tetap tidak kunjung sembuh. Maka Anda dapat melakukan cara vein tripping, operasi leser, operasi vena ndoskopik, ambulatory phlebectomy.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan varises, dari mulai cara alami hingga cara sesuai dengan anjuran dokter. Baca juga artikel tentang Cara menghilangkan kutu air di telapak kaki.

tips menghilangkan parises di perut - cara menyembuhkan varises di perut - cara menghilangkan varises diperut - cara tak terkena varises - cara menghilangkan varises di perut - cara menghilangkan farises diperut -