Cara Merawat Gigi Keropos Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Kesehatan gigi memang harus dirawat dengan baik. Hal ini dikarenakan jika tidak dirawat dengan baik dan maksimal, gigi akan mudah rusak, berlubang dan juga keropos. Tentu saja hal tersebut juga merupakan penyebab dari munculnya sakit gigi. Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi keropos, seperti sedikitnya asupan flour, sering mengonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin, jarang membersihkan gigi dan masih banyak lagi penyebab dari gigi keropos.

Cara Merawat Gigi Keropos

Seseorang yang memiliki gigi keropos tentu saja harus merawatnya dengan benar, karena jika diabaikan gigi tersebut akan semakin rusak. Lantas bagaimana cara merawatnya? Berikut adalah cara merawat gigi keropos secara alami yang dapat Anda coba.

Inilah cara merawat gigi yang keropos secara alami

Selalu menjaga kebersihan gigi

Cara yang pertama adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan gigi. Menjaga kebersihan gigi secara rutin merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan saat menjaga kebersihan gigi tentu saja ini akan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika sisa makanan tersebut tidak dibersihkan maka akan menyebabkan plak dan berkembang menjadi karang gigi. Hal itulah yang menyebabkan gigi keropos. Menggosok gigi saja pada umumnya tidak mampu membersihkan sisa makanan yang ada pada gigi oleh karena itu setelah menggosok gigi pastikan Anda menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel.

Menggunakan obat kumur

Sama seperti pasta gigi, obat kumur juga kaya akan flouride yang dapat merawat dan mencegah gigi keropos. Setelah Anda menggosok gigi dan membersihkan gigi dengan menggunakan dental floss atau benang gigi, Anda dapat melakukan perawatan lanjutan dengan menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang masih menempel.

Hindari makanan dan minuman panas atau dingin

Cara merawat gigi keropos selanjutnya adalah dengan cara menghindari minuman dan makanan yang memiliki suhu berlawanan. Menurut dr Stephen Pitt dari Dental Studio, Colchester, Essek menyatakan bahwa perubahan suhu pada mulut dapat menyebabkan retaknya permukaan gigi. Pada umumnya retakan tersebut tidak terlihat, akan tetapi jika hal ini terjadi berulang-ulang maka dapat menyebabkan gigi sensitif dan gigi mudah keropos.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan dengan cara menghindari makanan yang dapat membuat bakteri berkembang pada adalah cara ampuh untuk merawat gigi keropos. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan mulut memerlukan waktu yang lama agar bersih dari sisa sari makanan tersebut. Sehingga jika Anda selalu mengonsumsi makanan tersebut tentu saja dapat menyebabkan plak dan karang gigi yang dapat membuat gigi keropos.

Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung sumber kalsium alami untuk membantu gigi lebih kuat dan agar tidak mudah keropos. Demikianlah ulasan mengenai cara merawat gigi keropos secara alami.

Baca juga artikel mengenai Cara memutihkan gigi dengan strowberi.

gigi keropos - cara mengatasi gigi keropos - cara menguatkan gigi yang rapuh - cara mengatasi gigi keropos secara alami - cara memperkuat gigi yang keropos - mengatasi gigi keropos - cara mengobati gigi keropos - cara merawat gigi yang rapuh - mengatasi gigi keropos secara alami - obat gigi keropos - ramuan obat gigi keropos - gigi kropos - gigi keropos pada orang dewasa - gigi rapuh - cara mengatasi gigi kropos -