Cara Mudah Mengatasi Stres

By Categories : Kesehatan

Stres merupakan bentuk ketegangan yang terjadi pada fisik, emosi, psikis, dan mental. Jika terjadi terus menerus tentunya akan mempengaruhi keseharian seseorang, bahkan stres juga dapat menyebabkan gangguan mental. Menurut para ahli stres yang menyebabkan ketegangan pada kondisi dapat mempengaruhi emosi, dan pola pikir seseorang. Jika kondisi ini berlangsung lama maka dapat mengancam kemampuan seseorang terhadap ligkungan sekitar.

Cara Mudah Mengatasi Stres

Untuk menghidari hal tersebut, simak ulasan berikut tentang cara mudah mengatasi stres.

Berikan waktu untuk diri sendiri

Cobalah Anda untuk bersantai, misalnya menghabiskan waktu dengan keluarga, jalan-jalan ke tempat favorit, atau sekedar membaca buku. Selain itu Anda dapat melakukan aktivitas seperti olahraga dan berenang agar tubuh terasa lebih segar.

Ketahui penyebab stres

Terkadang orang merasa capek atau emosi yang kadang tidak ada alasan yang membuat Anda stres, maka dari itu cobalah untuk mengetahui hal apa yang membuat Anda merasa tertekan. Umumnya lingkungan Anda akan berpengaruh besar pada hal ini seperti pekerjaan yang menumpuk, beban pikiran banyak, atau masalah pasangan Anda. Kekhawatiran, tekanan, dan emosi yang tidak stabil dapat memicu konsisi stres.

Bicara dengan teman

Hal ini sangat mudah untuk menghilangkan stres. Anda dapat mencurahkan hati Anda pada teman yang mugkin dapat mengurangi sedikit beban Anda. Berbicara dengan orang yang Anda sukai dapat memberikan respon positif pada tubuh Anda.

Tetap aktif dan berolahraga

Saat kita berolahraga, paru-paru mendapatkan banyak oksigen sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh kita. Hal ini tentunya dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu, manfaat olahraga dapat membuat tubuh menjadi segar dan membantu membiasakan tidur teratur.

Pola makan yang sehat dan seimbang

Umumnya orang yang mengalami stres akan lebih suka mengonsumsi junk food dan meningkatkan minum teh atau kopi. Hal ini justru akan membuat kondisi traumatik yang parah. Seseorang yang mengalami stres haru tetap memiliki menu harian yang seimbang. Sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat menurunkan hormon stres. Anda juga dapat menambahkan asupan karbohidrat seperti gandum dan beras merah. Hal ini bertujuan untuk merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang dapa menenagkan pikiran.

Jangan kedepankan emosi

Jika Anda mengalami stres karena perilaku seseorang yang mengganggu, cobalah berbicara dengannya secara sopan tentang apa yang Anda rasa. Kuasai pikiran dan emosi agar keadaan tidak menjadi tambah rumit. Dengan seperti itu mungkin perilaku seseorang yang membuat Anda stres dapat berubah.

Itulah cara mudah mengatasi stres yang dapat Anda coba di rumah. Baca juga Manfaat donor darah secara rutin.