Cara Sederhana Mengatasi Insomnia

By Categories : Kesehatan

Insomnia merupakan penyakit yang dikeluhkan bagi sebagian orang. Penyakit tentang gangguan tidur ini tentu akan berpengaruh pada aktifitas Anda. Tidak ada obat untuk penyakit ini, tetapi ada beberapa cara sederhana mengatasi insomnia yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk tidur di malam hari. Simak ulasan berikut.

Insomnia

Pertahankan jadwal

Tidur di waktu yang sama setiap hari dapat membantu Anda lebih baik. Hal ini karena tubuh Anda akan mulai terbiasa dengan pola hidup Anda yang baru. Dengan cara tersebut pekerjaan-pekerjaan sehari-hari akan terasa lebih mudah setelah Anda memiliki jadwal yang teratur. Anda harus melakukannya secara rutin agar kebiasaan susah tidur Anda mulai hilang dan kembali normal.

Suasana kamar

Interior kamar tidur harus sesuai dengan karakter Anda, ini berpengaruh pada saat Anda berada di dalam kamar dan akan membuat tenang dan nyaman. Saat akan tidur cobalah menjauh dari suara bising yang mengganggu. Atur cahaya pada kamar tidur Anda agar tidak terlalu menyilaukan, karena suasana kamar yang redup biasanya dapat membuat seseorang lebih mudah untuk tidur.

Hindari suasana yang membuat stres menjelang tidur

Jika seseorang mengalami stres akan berengaruh besar dalam tidur Anda. Untuk itu hindari hal-hal yang membuat Anda bisa stres sebelum tidur. Cobalah beralih keaktivitas yang menenagkan seperti membaca buku atau mendengarkan musik. Sesuatu yang menenangkan pikiran dapat membantu Anda agar lebih mudah tidur.

Hindari tidur siang

Cara sederhana mengatasi insomnia selanjutnya adalah menghindari tidur. Tidur siang yang singkat akan mempengaruhi aktivitas Anda, dalam pekerjaan dapat membuat Anda lamban. Jika terbiasa tidur siang akan mengganggu siklus tidur Anda, sehingga pada malam hari Anda akan susah tidur.

Batasi konsumsi kafein, nikotin, dan alkohol

Minuman yang berkafein misalnya kopi akan sangat mempengaruhi tidur malam Anda. Untuk itu cobalah hindari minuman berkafein minimal 5 jam sebelum tidur. Selain itu alkohol walaupun akan membuat Anda mengantuk, tetapi efek yang akan ditimbulkan akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Matikan perangkat elektronik

Perlu Anda sadari jika alat-alat elektronik akan memancarkan radiasi misalnya ponsel. Agar tidur Anda lebih tenang dan nyenyak, Anda perlu menjauhkan perlengkapan elektronik Anda dari tempat tidur. Hal ini agar tubuh Anda lebih rilek dan nyaman.

Meditasi

Untuk penderita insomnia, Anda juga dapat mencoba melakukan meditasi sebelum tidur. Ini akan membuat tubuh Anda merasa nyaman dan tenang. Meditasi dapat meringankan Anda dari stres serta dapat menenangkan pikiran Anda. Selain itu Anda juga bisa mencoba metode relaksasi seperti mengatur nafas dan melakukan yoga.

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi insomnia. Baca juga artikel menarik lainnya Tips mengobati gigi bengkak.

cara mengatasi insomnia sederhana -