Cara Sehat Menyeimbangkan Hormon Wanita

By Categories : Kesehatan

Hormon memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh manusia, bukan hanya berhubungan dengan seks saja melainkan berhubungan dengan seluruh aspek hidup seseorang. Maka dari itu sangat penting sekali untuk kita menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh untuk menjaga kesejahteraan fisik dalam hidup. Karena dengan kondisi hormon yang tidak seimbang dapat memicu berbagai efek samping yang akan terjadi diantaranya seperti tumbuh jerawat, menstruasi menjadi tidak teratur, stres dan lain sebagainya.

Cara Sehat Menyeimbangkan Hormon Wanita

Adapun perubahan hormon itu sendiri dapat disebabkan oleh perubahan ostrogen yang sering terjadi pada wanita dibanding pria. Selain disebabkan oleh perubahan esterogen juga bisa disebabkan oleh faktor usia, pola makan yang tidak sehat, stres, kurang tidur dan masih banyak lagi. Salah satunya untuk mengatasi hal ini yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat . Nah kali ini akan dijelaskan mengenai jenis makanan sehat penyimbang hormon pada wanita.

Berikut Cara Sehat Menyeimbangkan Hormon Wanita

Menjauhi Potensi Stres yang Berlebihan

Menurut sebuah penelitian seorang wanita cenderung memiliki potensi stres yang sangat tinggi sehingga wanita banyak mengalami ketidakseimbangan hormon. Solusi untuk mengatasi hal itu adalah sebaiknya selalu berpartisipasi untuk melakukan meditasi harian atau yoga. Selain itu Anda juga harus melakukan istirahat yang cukup agar hormon menjadi stabil.

Menghindari Kafein

Kafein dapat meningkatkan kadar kortisor atau sejenis hormon stres, dan menurunkan kadar hormon teroid dan menimbulkan kekacauan di seluruh tubuh. Dengan demikian, supaya hormon menjadi seimbang lebih baik Anda dapat mengurangi minum kopi yang berlebihan maksimal satu hari dua cangkir.

Makan Sayuran

Sayuran adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu sayur juga memiliki manfaat sebagai penyeimbang hormon seseorang. sehingga bagi orang yang gemar makan sayuran akan terhindar dari munculnya jerawat, tidak mudah stres dan menstruasi menjadi lebih teratur. Adapun jenis sayuran yang dapat menyeimbangkan hormon adalah bayam, kol, mentimun dan masih banyak lagi lainnya.

Olahraga

Cara sehat menyeimbangkan hormon wanita selanjutnya adalah dengan cara melakukan olahraga. Karena dengan melakukan olahraga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kortisol. Selain itu dengan melakukan olahraga teratur juga bermanfaat untuk memicu pelepasan bahan kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati. Adapun jenis olahraga bisa Anda lakukan untuk menyeimbangkan hormon adalah berenang, yoga, berjalan santai, dan jogging. Semua jenis olahraga tersebut merupakan latihan relaksasi untuk merangsang fungsi hormon dan mengurangi stres.

Diet Sehat

Ketika kondisi hormon tidak seimbang, hal yang baik untuk dilakukan adalah melakukan diet. Untuk diet sehat ini usahakan untuk menghindari makanan yang dapat membahayakan bagi sistem indokrin. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan berserat seperti sayuran, ubi jalar, dan blueberry.

Itulah cara sehat menyeimbangkan hormon wanita yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan.

cara menyeimbangkan hormon - cara menyeimbangkan hormon agar haid teratur - cara menstabilkan hormon pada wanita - cara menstabilkan hormon - cara menyeimbangkan hormon agar cepat hamil - cara menstabilkan hormon estrogen dan progesteron - cara memperbaiki hormon pada wanita - makanan untuk menyeimbangkan hormon wanita - cara melancarkan hormon wanita - cara mengatasi hormon yang tidak stabil - makanan yang dapat menstabilkan hormon - cara mengembalikan hormon pada wanita - menyeimbangkan hormon estrogen - Cara menyeimbangkan hormon pada wanita - cara menyeimbangkan -