Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal

By Categories : Penyakit

Mengenal ciri-ciri kanker payudara  sejak adalah salah satu hal penting yang harus diketahui oleh semua wanita. Hal ini dikarenakan kanker payudara yang cepat mendapatkan penanganan tentu saja tidak dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti yang Anda ketahui kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika sudah memasuki stadium lanjut.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Penyakit kanker sendiri adalah suatu kondisi di mana sebuah sel tersebut berkembang secara tidak normal yang pada akhirnya membentuk sebuah benjolan. Umumnya ada dua jenis benjolan, yaitu benjolan yang kemungkinan dapat menyebabkan kanker ataupun tidak. Cirinya pun sangat berbeda, benjolan yang kemungkinan tumor jinak yaitu benjolannya lunak dan dapat digerakkan, benjolan dapat menghilang setelah siklus haid, mudah dibedakan dan ada benjolan di payudara sebelahnya.

Sedangkan benjolan yang mengarah ke kanker yaitu benjolannya terasa sangat keras, tidak dapat digerakkan,  tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya, kulit payudara berlesung pipit dan juga disertai dengan keluarnya cairan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah ciri-ciri kanker payudara stadium awal.

Inilah ciri umum kanker payudara yang perlu diketahui

Adanya benjolan disekitar payudara

Ciri yang pertama adalah adanya benjolan disekitar payudara. Hampir setiap orang mengetahui bahwa benjolan di sekitar payudara merupakan ciri umum dari kanker yang yang harus diperhatikan. Meskipun tidak sepenuhnya benjolan ini menandakan bahwa Anda terkena kanker, akan tetapi Anda harus waspada jika benjolan tersebut terasa sangat keras, tidak dapat digerakkan dan tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya.

Terdapat kerutan di sekitar payudara

Kerutan biasanya hanya akan dialami oleh seseorang yang sudah tua, namun seorang penderita kanker payudara keutan tersebut mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara Anda. Kerutan tanda kanker payudara akan berwarna sedikit hitam dan tidak terlalu besar lingkupnya. Tak hanya itu saja kerutan tersebut juga memiliki permukaan yang kasar.

Payudara bengkak dan kemerahan

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya adalah payudara mengalami pembengkakan dan kemerahan. jika sudah begini sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis. Warna kemerahan pada payudara juga akan memiliki rasa hangat jika disentuh, seperti halnya saat demam.

Gatal dan ruam di puting susu

Berikutnya adalah terjadi ruam pada puting, bersisik sakit, dan juga gatal pada payudara. Gatal yang disebabkan oleh kanker payudara juga memiliki intensitas yang berbeda. Ada yang gatal dalam skala kecil dan tidak menganggu dan juga ada yang cukup menganggu karena gatal tidak dapat hilang. Selain itu, di kulit payudara juga akan timbul seperti sisik yang cukup menganggu karena akan menimbulkan rasa sakit jika dipegang ataupun dikelupas.

Terjadi perubahan ukuran dan bentuk payudara

Jika Anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara, maka sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter spesialis karena hal ini merupakan salah satu ciri kanker payudara stadium awal. Sebagai contoh adalah dari sebelumnya yang besar yaitu 34 dan hanya menjadi 32 (dalam ukuran bh).

Keluarnya cairan dari puting

Jika Anda sedang tidak menyusui namun tiba-tiba keluar cairan dari puting, makah hal ini merupakan gejala bahwa Anda sedang terkena kanker payudara. Warna cairannya pun berbeda-beda, yaitu jika cairan putih atau bening maka ini belum masuk ke dalam tahap serius, akan tetapi jika cairan berwarna kecoklatan ataupun merah darah hal ini sudah masuk dalam tahap kronis dan segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Puting susu masuk ke dalam

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya adalah puting susu masuk ke dalam. Seperti yang kita ketahui puting susu biasanya akan timbul. Dan jika sedang mengecil ia akan sejajar dengan kulit. Akan tetapi seseorang yang menderita payudara puting susunya akan menukik ke dalam dan tidak wajar. Namun tahukah Anda tak hanya puting susu yang masuk ke dalam, semua bagian yang ada di payudara juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, jika Anda mendapati hal ini segeralah melakukan pengecekan lebih lanjut agar tidak menjadi lebih bahaya.

Sakit, gatal dan berisik di puting susu

Ciri lainnya yaitu sakit, gatal, ruam dan bersisik pada puting susu. Jika kulit payudara timbul semacam sisik Anda juga perlu waspada. Karena hal tersebut merupakan gejala awal kanker payudara yang paling umum. Jika terjadi ruam, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala lanjutan dari kanker payudara

Selain ciri-ciri di atas, kanker payudara yang sudah menyebar ke organ tubuh lainnya juga memiliki gejala lainnya, seperti mual, nyeri tulang, kelemahan otot, sesak napas, batuk, penurunan nafsu makan dan berat badan.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri kanker payudara  stadium awal. Baca juga daftar makanan pencegah kanker payudara.

ciri ciri kanker payudara - ciri kanker payudara - ciri2 kanker payudara - ciri-ciri kanker payudara - ciri ciri kangker payudara - gambar kanker payudara - tanda tanda kanker payudara - tanda kanker payudara - Ciri2 kangker payudara - ciri kangker payudara - gejala kanker payudara - gejala awal kanker payudara - ciri ciri penyakit kanker payudara - ciri ciri kanker payudara stadium awal - ciri awal kanker payudara -