Daftar Makanan Pencegah Kanker Payudara

By Categories : Kesehatan

Saat ini kanker payudara adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh wanita. Dan hampir 6% dari 20 penderita tidak tertolong nyawanya. The Indian Concel of Medical Research juga menyatakan bahwa penderita kanker payudara mengalami peningkatan yang sangat tajam jika dibandingkan dengan penderita kanker serviks. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan mendeteksi dini dari kanker payudara.

Makanan Pencegah Kanker

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan kanker payudara, seperti faktor keturunan, wanita haid pertama kali usia dibawah 10 tahun, wanita tidak pernah menyusui dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Sebenarnya ada beberapa cara mencegah kanker payudara, mulai dari menerapkan pola hidup sehat, rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara. Jika Anda belum tahu, berikut adalah daftar makanan yang dapat mencegah penyakit kanker payudara.

Makanan sehat untuk mencegah kanker payudara

Buah berry

Selain dapat mencegah penuann dini, buah berry juga dapat mencegah penyakit kanker dan melindungi tubuh dari penyakit mematikan tersebut. Hal ini dikarenakan buah berry kaya akan  flavonoid, antioksidan, polifenol pecyin dan juga tannin yang snagat ampuh untuk menangkal kerusakan gen serta mencegah timbulnya sel kanker. Beberapa buah berry yang dapat Anda konsumsi antara lain blueberry, strawberry, murbei dan lainnya.

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini seringkali diolah menjadi sayur ataupun keripik bayam. Rasanya yang lezat membuat banyak orang menyukai sayuran ini. Tak hanya memiliki rasa yang enak, bayam juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti karotenoid, serat kasar dan juga nitrosamin. Kandungan karetonoid dalam bayam berguna untuk mengurangi dan menghambat pertumbuhan sel tidak normal yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu bayam juga kaya akan zat besi yang sangat ampuh untuk mengatasi anemia.

Sayuran cruciferous

Makanan pencegah kanker payudara selanjutnya adalah sayuran cruciferous. Sayuran yang masuk dalam kelompok tersebut memang sudah dikenal dengan kandungan glucosinolate, yaitu kandungan yang dapat menyebabkan rasa pahit serta aroma yang sangat kuat. Kandungan kimia yang dihasilkan tersebut juga dapat membantu mencegah resiko kanker. Beberapa makanan yang masuk ke dalam sayuran cruciferous adalah kubis, bawang putih dan juga bawang bombay.

Tomat

Berikutnya dengan mengonsumsi tomat. Tomat merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin dan nutrisi pada tomat antara lain vitamin C, vitamin A,  antioksidan dan juga lycopen. Kandungan lycopen tersebut sangat ampuh untuk mencegah kanker.  Cara memanfaatkan tomat pun sangat mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dibuat jus ataupun dimasukkan ke dalam masakan.

Brokoli

Siapa yang tidak tahu brokoli? Hampir setiap orang tahu dan pernah mengosnumsi brokoli. Jenis sayuran hijau ini juga memiliki zat baik untuk mencegah penyakti ini. karena brokoli kaya akan feniol yang merupakan zat anti kanker payudara. Selain brokoli, sayuran kaya fenol lainnya adalah lobak, kembang kol, kubis merah dan juga sawi.

Demikianlah ulasan mengenai makanan pencegah kanker payudara.

kesehatan payudara - makanan yg baik buat ibu menyusui loc:ID -