Gejala Mata Minus dan Cara Mengobatinya

By Categories : Kesehatan

Rabun jauh atau mata minus merupakan salah satu penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa melihat secara normal. Penyakit mata minus ini memang sangat jarang sekali disadari oleh masyarakat dikarenakan kurangnya mengetahui informasi mengenai gejala mata minus itu sendiri. Jika sudah begitu, maka proses pengobatannya pun lebih sulit dibandingkan yang sudah diketahui sejak dini.

Gejala Mata Minus

Mata minus itu sendiri bisa disebabkan karena kelengkungan kornea yang lebih pendek dan sumbu bola mata yang terlalu panjang. Kedua hal tersebut bisa dikarenakan oleh faktor keturunan ataupun aktivitas lainnya seperti misalnya terlalu lama berada di depan laptop ataupun sering membaca buku terlalu dekat. Bila seseorang mengalami penyakit mata minus maka penyakit ini cenderung akan bertambah dengan seiring waktu terutama ketika sudah berada pada masa pertumbuhan.

Gejala Mata Minus

  • Gejala yang pertama mata minus adalah objek dekat dapat di lihat dengan jelas sedangkan objek yang memiliki jarak jauh nampak kabur atau tidak jelas.
  • Sering berusaha untuk mengecilkan mata ketika melihat objek jarak jauh.
  • Mata sering merasa nyeri.
  • Mata sering berair.
  • Tidak dapat melihat papan hitam dengan jelas.

Nah itulah beberapa gejala umum yang akan di alami oleh penderita penyakit mata minus. Penderita mata minus sebenarnya tidak bisa disembuhkan ataupun dicegah baik dengan melakukan terapi ataupun menggunakan obat-obatan kecuali hanya dengan melakukan operasi lasik penyakit tersebut akan dapat disembuhkan dengan total. Jikapun tidak maka yang harus Anda lakukan hanyalah dengan menjaga kesehatan mata minus agar tidak semakin bertambah dengan cara menggunakan kacamata yang khusus untuk mata minus dan mengurangi aktivitas yang dapat semakin membuat mata minus Anda menjadi bertambah.

Melihat penyakit mata minus ini memang sangat sulit untuk di sembuhkan, alangkah baiknya jika Anda dapat melakukan upaya pencegahan mata minus. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Ketika Anda ingin melakukan aktivitas di depan laptop ataupun membaca usahakan jangan terlalu lama ataupun terlalu dekat.
  • Ruangan ketika membaca harus cukup terang.
  • Menghindari membaca dengan sambil tiduran.
  • Melakukan olahraga yang dapat membuat otot mata menjadi kuat.
  • Makan makanan yang memiliki kandungan vitamin A, beta karoten yang tinggi.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai gejala mata minus dan cara pengobatannya. Jika Anda mengalami gejala mata minus seperti yang dijelaskan di atas maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi ke dokter supaya dapat ditangani lebih cepat dan lebih tepat. Sekian penjelasan mengenai gejala mata minus dan cara pengobatannya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel mengenai Penanganan gejala mata minus.