Gejala Penyakit Meningitis Pada Orang Dewasa

By Categories : Penyakit

Penyakit meningitis atau radang selaput otak adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan mikroorganisme yang menyerang selaput otak. Selaput otak itu sendiri berfungsi sebagai pelindung otak, maka ketika lapisan tersebut terjadi masalah tentu akan berpengaruh langsung pada sistem syaraf pada otak. Jika Anda ingin tahu mengenai penyakit meningitis terkait dengan penyebab dan gejala penyakit meningitis maka langsung saja perhatikan ulasan berikut ini :

Gejala Penyakit Meningitis

Penyakit Meningitis

Miningitis adalah infeksi pada meninges atau selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang. Ketika telah terjadi peradangan, meninges akan membengkak kerana infeksi yang terjadi. Menurut data meningitis Indonesia, penyakit ini belum bisa diketahui dengan pasti karena penyakit ini sering kali dianggap sebagai penyakit atau infeksi lainnya. Meskipun seperti itu, kita tetap harus mewaspadai karena penyakit ini tergolong sangat berbahaya dan tidak boleh dianggap enteng.

Penyebab Penyakit Meningitis

Penyakit meningitis atau radang selaput otak disebabkan oleh virus dan bakteri. Penyakit meningitis secara umum terdapat dua jenis diantaranya meningitis bakterialis dan meningitis virus. Miningitis bakterialis adalah penyakit yang sangat parah dan dianggap sebagai kondisi medis darurat. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri seperti neisseria meningitidis atau streptococcus pneumoniae. Sedangkan meningitis virus disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui bersin, batuk dan lingkungan yang tidak sehat. Untuk jenis meningitis virus tidak terlalu gawat dibandingkan meningitis bakterialis.

Gejala Penyakit Meningistis

Gejala penyakit meningitis memang sangat beragam dan hampir tidak begitu bayak orang yang menyadarinya, Adapun gejalanya sebagai berikut :

  • Leher terasa kaku
  • Perasaan gelisah
  • Sering merasakan sakit kepala hebat atau parah
  • Sensitif terhadap cahaya atau fotofobia
  • Nafas menjadi cepat dari pada sebelumnya
  • Mengalami demam tinggi hinggs suhu 38 derajat celsius dan bisa lebih
    ruam kulit berupa bintik-bintik merah yang tersebar diseluruh badan. Namun hal ini tidak terjadi bagi setiap penderita meningitis.

Nah itulah beberapa gejala penyakit meningitis pada orang dewasa. Namun hal itu juga tidak menutup kemungkinan gejala tersebut bisa terjadi pada anak-anak penderita meningitis. Setelah membahas mengenai penyebab dan gejala penyakit meningitis, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui cara penanganannya. Untuk penjelasnnya sebagai berikut :

Cara penanganan darurat dan diangnosis meningitis adalah jika telah dicurigai dengan timbulnya gejala penyakit meningitis maka harus segera dilakukan penanganan secara cepat. Diantaranya melakukan penanganan dokter dengan pemeriksaan fisik, cek darah dan beberapa tes lainnya untuk memastikan diagnosis.

Sekian penjelasan mengenai gejala penyakit meningitis pada orang dewasa, semoga dengan penjelasan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel mengenai Penyebab penyakit ebola dan cara pencegahannya.

gejala meningitis - penyakit meningitis - ciri-ciri meningitis pada orang dewasa - ciri ciri meningitis - ciri ciri meningitis pada orang dewasa - ciri ciri penyakit meningitis - ciri meningitis - gejala penyakit meningitis - meningitis adalah - ciri penyakit meningitis - meningitis pada orang dewasa - gejala meningitis pada orang dewasa - gejala miningitis - gejala awal meningitis - penyakit miningitis -