Inilah Daftar Makanan Penambah Darah

By Categories : Kesehatan

Kurang darah atau yang sering disebut dengan anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah memiliki peranan yang sangat penting untuk mengangkut oksigen menuju ke seluruh tubuh dan juga membuang karbon dioksida dari tubuh. Sel darah merah dapat berwarna merah karena mengandung protein yang kaya akan zat besi atau yang lebih dikenal sebagai hemoglobin (Hb).

makanan penambah darah

Seseorang yang kurang darah biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti mudah lelah, pucat, sering mengantuk, kepala pusing dan lainnya. Jika tidak segera ditangani, anemia tentunya dapat mengganggu aktivitas dalam sehari-hari bahkan dapat mengancam jiwa. Berikut adalah daftar makanan penambah darah yang dapat Anda konsumsi!

Mengenal makanan penambah darah

Makanan kaya akan protein

Makanan penambah darah yang pertama adalah makanan yang kaya kan protein. Pada umumnya tubuh kita membutuhkan protein untuk bahan baku pembentukan sel-sel dalam tubuh salah satunya yaitu sel darah merah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya akan protein sangat baik untuk mengatasi anemia. Makanan tersebut antara lain, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, daging dan lainnya.

Makanan kaya akan zat besi

Seperti yang Anda ketahui zat besi merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan warna sel darah merah. Bagi orang yang sehat, mengonsumsi makanan kaya akan zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia serta memenuhi kebutuhan oksigen seluruh sel tubuh. Sedangkan untuk penderita anemia yang rutin mengonsumsi makanan kaya akan zat besi, tentunya ini akan membantu untuk mengatasi penyakit tersebut. Ada beberapa macam makanan kaya akan zat besi yang dapat Anda konsumsi, seperti daging, kangkung, bayam, kuning telur, kacang-kacangan serta sayuran berwarna hijau lainnya.

Makanan kaya akan vitamin B12

Makanan penambah darah selanjutnya adalah makanan yang kaya akan vitamin B12. Dalam tubuh, vitamin B12 berguna untuk memproduksi sel darah merah di sumsum tulang belakang serta untuk sintesis DNA. Sehingga jika tubuh seseorang kekurangan vitamin B12, ini akan menyebabkan seseorang tersebut mengalami anemia jenis anemian megaloblastik. Jenis anemia tersebut membuat tubuh tidak dapat menyimpan dan mengangkut oksigen ke jaringan lainnya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan makanan kaya akan vitamin B12 seperti berbagai macam produk susu, sereal, ikan, hati sapi, daging merah dan lainnya untuk mengatasinya.

Makanan kaya akan asam folat

Selain berguna untuk mencegah kelahiran prematur dan cacat pada janin, asam folat juga bermanfaat untuk mengatasi anemia. Asam folat atau yang lebih sering dikenal sebagai vitamin B9 merupakan salah satu vitamin B kompleks yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang baru. Makanan mengandungĀ asam folat dapat Anda jumpai pada sayuran hijau, roti, sereal, kacang-kacangan dan lainnya.

Nah itulah beberapa daftar makanan penambah darah.

daftar makanan tambah darah -