Inilah Fungsi Protein Bagi Tubuh

By Categories : Nutrisi

Salah satu fungsi protein bagi tubuh paling terkenal adalah untuk membentuk otot dan juga untuk membantu tubuh memaksimalkan pembakaran lemak sehingga berat badan tetap seimbang. Seseorang yang kekurangan protein  dapat menyebabkan tubuh lebih mudah diserang oleh penyakit, pertumbuhan tidak maksimal, proses penyembuhan luka yang sangat lama hingga dapat menyebabkan rusaknya liver atau hati.

Oleh karena itu mulailah untuk mencukupi kebutuhan protein dalam setiap  harinya. Beberapa makanan yang kaya akan protein antara lain telur, daging, susu kedelai dan lainnya. Selain dapat membentuk otot dan memaksimalkan pembakaran lemak, berikut adalah beberapa fungsi protein bagi tubuh yang perlu diketahui.

fungsi protein bagi tubuh

Berikut adalah fungsi protein bagi tubuh

Meningkatkan kesehatan jantung

Fungsi yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan salah organ manusia paling vital yang harus dijaga kesehatannya. Selain berolahraga  dan menghindari makanan  pemicu sakit jantung, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Protein mampu  membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan cara menstabilkan kandungan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Meningkatkan kesehatan kulit, otot dan rambut

Memiliki rambut dan kulit yang sehat merupakan impian bagi setiap orang. Selain menggunakan vitamin, Anda pun bisa mendapatkan kulit dan rambut yang sehat dengan cara mengonsumsi protein sesuai kebutuhan harian tubuh. Protein dapat membuat kulit elastis dan sehat. Tak hanya itu saja, protein juga mampu memperbaiki kesehatan otot. Sehingga ini akan membuat otot Anda lebih sehat, kuat dan terhindar dari penyakit yang menyerang tulang.

Untuk pembentukan janin

Fungsi protein bagi tubuh selanjutnya adalah untuk pembentukan janin. Dan tentu saja, ibu hamil sangat wajib memenuhi asupan protein dalam setiap harinya yaitu 75 gram. Protein yang dikonsumsi sepanjang kehamilan sangat membantu untuk pertumbuhan organ janin, mulai dari otak, tulang, otot, sistem pernapasan dan lainnya.

Protein menghasilkan tenaga

Berikutnya adalah untuk menghasilkan tenaga. Selain glukosa, protein juga merupakan zat yang baik untuk membantu pembentukan tenaga. Karbohidrat yang Anda konsumsi akan diolah menjadi energi dengan menggunakan bantuan protein.

Menyeimbangkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal juga merupakan impian bagi setiap orang. Ini karena berat badan yang ideal, selain dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit berat badan ideal juga dapat membuat penampilan seseorang lebih menarik. Seperti yang Anda ketahui fungsi protein bagi tubuh manusia  yang paling utama adalah untuk pembentukan sel-sel pada tubuh. Sehingga jika otot sudah terpenuhi oleh protein, maka otot akan terpelihara dengan baik dan hal ini akan membantu untuk pembakaran lemak. Pembakaran lemak yang terjadi secara sempurna mampu menyeimbangkan berat badan agar tetap ideal.

Nah itulah beberapa fungsi protein bagi tubuh. Baca juga daftar makanan berprotein tinggi.

fungsi protein - fungsi protein bagi tubuh - fungsi protein bagi tubuh manusia - sebutkan fungsi protein bagi tubuh - jelaskan fungsi protein bagi tubuh - apa fungsi protein bagi tubuh - apa fungsi protein - fungsi protein dalam tubuh - jelaskan fungsi protein bagi tubuh kita - fungsi protein dlm tubuh - fungsi protein com - FUNGSI PROTEIN BAGI TUBUH ADALAH - apa pentingnya protein - apa fungsi protein dalam tubuh - apa fungsi dari prote -