Inilah Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Siapa yang tidak mengetahui jenis buah yang satu ini? Hampir setiap orang mengetahui buah yang memiliki warna kuning ini. Ya, pisang merupakan buah-buahan yang paling sering dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Harganya yang terjangkau dan cara penanamannya yang mudah membuat buah pisang dicintai dan sering dikonsumsi para masyarakat. Selain digunakan sebagai buah pencuci mulut, buah pisang juga kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan vitamin C, serat, zat besi, magnesium, potasium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terkandung dalam buha pisang. Untuk lebih jelasnya berikut adalah khasiat buah pisang untuk kesehatan.

khasiat buah pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

  • Menurunkan berat badan
    Memiliki berat badan yang berlebih tentunya dapat menganggu penampilan seseorang. akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk menurunkan dan menjaga berat badan Anda. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil serta buah pisang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingg ini akan mencegah Anda untuk ngemil makanan yang dapat membuat berat badan Anda bertambah.
  • Mengatasi anemia
    Seperti yang Anda ketahui salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah pisang adalah zat besi. Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam buah pisang sangat bermanfaat bagi Anda yang menderita anemia atau kurang darah. Untuk mengatasi anemia, mulailah untuk mengonsumsi 2 buah pisang dalam setiap harinya secara rutin.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Khasiat buah pisang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan mineral yang disebut dengan elektrolit kalium. Ketika mineral tersebut masuk ke dalam tubuh ini akan menutrisi sel-sel tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini sangat berguna untuk membuat jantung tetap normal dan juga tetap berdetak. Tak hanya kalium saja, pisang juga kaya akan potasium yang sangat baik untuk menormalkan fungsi jantung.
  • Melancarkan pencernaan
    Pencernaan yang tidak lancar dan terganggu pastinya akan membuat perut begah dan juga dapat memicu masalah pencernaan lainnya seperti sembelit. Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak perlu menggunakan obat pencahar. Anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk mengatasi hal ini. Kandungan serat dalam buah pisang sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko sembelit. Tak hanya itu saja, jika pencernaan lancar tentunya ini akan membuat Anda terhindar dari resiko kanker usus besar.
  • Menjaga kesehatan mata
    Selain wortel, buah pisang juga berguna untuk menjaga kesehatan mata. Sama halnya dengan wortel pisang juga kaya akan vitamin A yang dapat larut dalam lemak dan pastinya berguna untuk melindungi mata. Asupan vitamin A yang tercukupi, akan membuat Anda terhindar dari masalah mata, seperti katarak, degenerasi makula hingga kebuataan.

Nah itulah beberapa khasiat buah pisang untuk kesehatan.