Inilah Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Siapa yang tidak tahu dengan buah durian? Meskipun memiliki bau yang menyengat, durian masih saja menjadi salah satu buah yang paling disukai oleh masyarakat, terutama Indonesia. Secara fisik buah ini memiliki kulit berduri yang tajam, bau menyengat dan buahnya yang berwarna kuning. Tahukah Anda bahwa buah durian juga dikenal sebagai raja dari segala buah-buahan atau king of fruit? Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan nutrisi, seperti serat, karbohidrat, vitamin B1, B2, vitamin C, fosfor, protein, kalsium, kalium dan masih banyak lagi.

manfaat buah durian

Dengan kandungan nutrisi yang sebanyak itu, tentu saja buah ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh Anda.

Inilah khasiat buah durian untuk kesehatan

Menghambat pertumbuhan kanker

Manfaat yang pertama adalah berguna untuk menghambat pertumbuhan kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Deparment of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Bufallo menyatakan bahwa buah durian memiliki zat phytosterol yang memiliki beberapa manfaat seperti memperbaiki ketahanan tubuh terhadap kanker, memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh serta menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Mencegah stres dan depresi

Yang kedua adalah berguna untuk mencegah stres dan depresi. Stres merupakan salah satu kondisi dimana tubuh sangat rentan terhadap suatu penyakit. Namun Anda jangan khawatir, karena buah durian memiliki kandungan tryptopan yang sangat ampuh untuk membentuk serotonin, melatonin dan juga niacin. Ketiganya memiliki peranan untuk mencegah stres, depresi, rasa sakit hingga susah tidur.

Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat buah durian selanjutnya adalah berguna untuk mencegah tekanan  darah tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, buah durian memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi namun rendah kadar garam. Oleh karena itu buah durian berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi. US Food and Drug Administration juga menyatakan bahwa buah ini sangat ampuh untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Melancarkan pencernaan

Berikutnya adalah memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bagi Anda yang ingin memiliki perut rata dan tidak buncit, konsumsilah makanan kaya serat salah satunya yaitu buah durian. Selain dapat melancarkan buang air besar, makanan berserat juga mengurangi resiko terkena kanker usus.

Mencegah anemia

Mengonsumsi durian dengan takaran yang tepat juga dapat mencegah anemia. Hal ini dikarenakan buah durian kaya akan zat besi. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah durian juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi seseorang yang terkena anemia.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bagi anda yang ingin memiliki tulang yang sehat maka anda dapat mengonsumsi buah durian. Hal itu karena buah durian mengandung banyak mineral seperti mangan, tembaga, besi, dan magnesium yang terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Jika kesehatan tulang terjaga maka dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Mengatasi Mual (Morning Sickness) Dan Nyeri Lambung

Mengonsumsi durian disela makanan pokok dapat membantu menjaga kadar gula pada darah dan menghindari Morning Sickness. Efek antacid alamiah yang dimiliki oleh durian mampu merangsang lambung sehingga dapat meredakan nyeri pada lambung anda.

Mengontrol Diet Bagi Orang Kegemukan

Suatu study yang dilakukan di The Institute of Psychology, Australia menyimpulkan bahwa untuk menghindari kebiasaan ngemil pada saat stres, kita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga agar tubuh tetap stabil. Durian merupakan buah yang mengandung kadar karbohirat yang cukup tinggi yakni mencapai 20% hingga 30%, sehingga durian dapat dijadikan sebagai pengganti cemilan yang sehat.

Membantu Berhenti Merokok

Apa hubungannya durian dengan merokok? Tentu saja ada. Kandungan vitamin B6, B12, kalium, dan megnesium yang ada pada buah durian memiliki manfaat untuk membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin pada rokok sehingga dapat membantu seseorang berhenti merokok. Namun tentu saja, semua itu harus diniati oleh si perokok apakah benar-benar mau berhenti merokok atau tidak.

Mengobati Luka Gigitan Nyamuk

Manfaat yang satu ini tentu belum banyak orang yang mengetahuinya. Ya, durian ternyata dapat dimanfaat untuk mengobati luka akibat gigitan nyamuk. Caranya ambil ambil sebagian durian lalu tempelkan pada bagian luka, setelah itu dibalut atau diplester. Kandungan vitamin C yang ada pada buah durian mampu mengobati infeksi dan bentol akibat gigitan nyamuk.

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah durian memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal itu karena buah durian mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dan kerutan pada kulit.

Nah itulah beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan. selain itu durian juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, menjaga kesehatan tiroid, menjaga nafsu makan serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.