Inilah Manfaat Bunga Rosella Lengkap Dengan Kandungan Gizinya

By Categories : Manfaat

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus Sabdariffa ini saat ini memang begitu populer dikalangan masyarakat. Tak hanya dapat dijadikan sebagai tanaman hias saja, bunga rosella ternyata memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan IPB di tahun 2006 yang lalu, menyatakan bahwa tanaman rosella mengandung antioksidan tinggi yang jumlahnya mendapai 1,7 mmol/prolox.

manfaat bunga rosella

Tak hanya itu saja, penelitian lainnya juga dilakukan oleh peneliti asal Selandia Baru, John Mclntosh. Ia menyatakan bahwa dalam penelitiannya rosella memang mengandung antioksidan dan antosianin. Tak hanya antioksidan dan antosianin, bunga rosella juga kaya akan vitamin C, protein, asam sitrat, malat dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat bunga rosella untuk kesehatan.

Inilah khasiat bunga rosella untuk kesehatan

Menurunkan tekanan darah tinggi

Yang pertama adalah berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  Bunga rosella juga memiliki sifat hipotensif atau antihipertensi. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap 54 orang penderita hipertensi dan diberikan secangkir teh rosella. Setelah 12 hari meminum teh tersebut, nilai sistolik dan diastolik para penderita hipertensi tersebut menurun secara signifikan.

Mencegah kanker

Manfaat yang kedua adalah dapat digunakan untuk mencegah kanker. Terutama kanker darah atau leukimia. Pigmen alami tanaman rosella mampu menghambat pergerakan sel kanker. Namun tak hanya itu saja, rosella juga dapat mematikannya. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit tak ada salahnya untuk mulai meminum teh rosella.

Mencegah sembelit

Manfaat bunga rosella selanjutnya adalah dapat  mencegah sembelit. Bunga rosella kaya akan serat. Seperti yang kita ketahui serat merupakan salah satu nutrisi baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Dengan takaran yang pas dan mengonsumsinya secara tertatur, pastinya khasiat dari bunga rosella berguna untuk menjaga kesehatan.

Mencegah pengeroposan tulang

Tak hanya susu, mengonsumsi teh bunga rosella juga berguna untuk mencegah pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan bunga rosella kaya akan kasium, vitamin D dan zat besi yang mampu mengatasi hal tersebut. Sehingga seorang yang sudah berusia lanjut sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ramuan dari bunga rosella untuk mencegah pengeroposan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis.

Menangkal radikal bebas

Berikutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit. Oleh karena itu, mulailah untuk minum ramuan bunga rosela untuk mencegah hal ini terjadi. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menjaga tubuh terbebas dari penyakit berbahaya seperti kanker dan lainnya. tak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada bunga rosella juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat bunga rosella untuk kesehatan

kandungan bunga rosella -