Inilah Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Telur  merupakan salah satu bahan makanan sering dimanfaatkan sebagai lauk pauk. Kandungan nutrisi dan vitamin pada telur sangat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui jenis telur ada beberapa macam, mulai dari telur ayam, telur bebek dan juga telur puyuh. Jika dibandingkan  dengan telur ayam dan bebek telur putuh  tidak terlalu populer. Selain memiliki ukuran yang kecil telur puyuh juga memiliki harga yang relatif mahal.

manfaat telur puyuh

Namun meskipun begitu, telur puyuh juga memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan jenis telur lainnya. Telur puyuh kaya akan vitamin A, B2 dan juga protein. Bagi Anda pecinta telur puyuh, berikut adalah manfaat telur puyuh yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat telur puyuh yang perlu diketahui

Kaya akan protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk pembentukan otot tubuh. Biasanya protein sangat dibutuhkan oleh para atlet dan binaragawan untuk membentuk tubuh mereka agar lebih berotot. Telur puyuh memiliki kandungan  protein lebih tinggi 13% jika dibandingkan dengan telur lainnya. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi telur ini, karena kandungan kolesterol dalam kuning telurnya dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh, bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol sebaiknya menghindari mengkonsumsi telur puyuh terlalu banyak.

Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat yang kedua adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena telur puyuh mampu mengambil dan mengeluarkan zat toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi telur puyuh dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit berbahaya seperti, kencing batu, liver dan penyakit lainnya.

Menyehatkan mata

Manfaat telur puyuh selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata. Sudah dijelaskan tadi bahwa telur puyuh memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Maka jangan heran jika seseorang yang sering mengonsumsi telur puyuh memiliki penglihatan yang jelas jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah mengonsumsi telur puyuh.

Mengatasi alergi

Selain menggunakan salep, krim ataupun obat dokter lainnya Anda bisa mengatasi alergi dengan menggunakan telur puyuh. Telur puyuh kaya akan zat ovomucoid. Ovomucoid sendiri merupakan salah satu zat yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat alergi.

Baik bagi kehamilan

Berikutnya adalah sangat baik bagi kehamilan. Telur puyuh dapat mengurangi reiko kematian, bayi cacat dan juga keguguran. Namun tak hanya itu saja, kuning telur juga kaya akan zeaksantin dan lutein yang mampu melindungi mata dan meningkatkan kesehatan mata ibu hamil dan janin.

Mengandung kolin

Kolin sangat diperlukan bagi tubuh manusia khususnya bagi anak-anak. Ini karena kolin sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Bagi ibu hamil kolin sangat berguna untuk mengurangi resiko keguguran serta dapat mengoptimalkan perkembangan serta pertumbuhan janin.

Nah itulah beberapa manfaat telur puyuh bagi kesehtan tubuh. Baca juga kandungan gizi telur ayam dan manfaatnya.

manfaat telur puyuh - telur puyuh - khasiat telur puyuh - manfaat telor puyuh - manfaat telur puyuh untuk bayi - manfaat telur puyuh dan madu buat bayi - manfaat telur puyuh bagi kesehatan - Manfaat telor poyoh bagi atlit - Manfaat Susu di campur telur puyuh - manfaat daun untuk kesehatan ayam - manfaar telur puyuh - khasiat telur puyu - kelebihan telur puy - Kasiat telor puyuh - Fungsi telur puyuh bagi kesehatan tubuh -