Inilah Penyakit Dimusim Penghujan

By Categories : Kesehatan, Penyakit

Indonesia sekarang ini telah memasuki musim penghujan dan diperkirakan tingginya curah hujan akan terjadi hingga awal tahun ke depan. Pada saat musim hujan sekarang ini tentu akan banyak resiko terjadinya berbagai penyakit. Maka dengan demikian Anda perlunya mewasadai berbagai kemungkinan penyakit dimusim penghujan. Seprti yang telah disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama mengenai antisipasi penyakit yang biasa muncul ketika musim penghujan.
penyakit dimusim penghujanPenyakit dimusim penghujan terjadi dikarenakan oleh perubahan pada suhu lingkungan yang akan berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Bukan hanya pada manusia, perubahan suhu juga berdampak pada kehidupan mikroba yang berada disekitar lingkungan. Dari perubahan itulah berpotensi untuk menginfeksi tubuh dan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai penyakit dimusim penghujan yang harus Anda waspadai diantaranya adalah sebagai berikut !

Inilah Penyakit Dimusim Penghujan yang Harus Diwaspadai

Diare
Diare adalah penyakit yang ditandai dengan gejala sering buang air besar secara terus menerus. Hal ini disebabkan karena sekelompokan bakteri yang bersarang di saluran pencernaan. Adapun jenis bakteri yang berpotensi menyebabkan diare adalah Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolytica. Jenis bakteri tersebut sangat banyak berkembang biak dikala musim penghujan seperti sekarang ini. Maka perlunya Anda selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari virus dan selain itu juga bisa mengonsumsi obat tradisional diare.

Tifus
Penyakit dimusim penghujan selanjutnya adalah tifus. Tifus adalah jenis penyakit yang juga banyak menyerang di saat musim hujan. Penyakit ini memiliki gejala yang ditandai dengan demam tinggi hingga 39-40 derajat celsius yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran pencernaan. Untuk penderita virus ini sebaiknya untuk segera di atasi dengan melakukan pengobatan dan menjalani bed rest agar mempercepat proses pemulihan kondisi penderita.

Penyakit Kulit
Penyakit kulit juga banyak ditemui di saat musi penghujan seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan air hujan sangat rentan membawa beberapa bakteri yang dapat menyerang kulit dan menyebabkan gatal-gatal. Untuk mengatasi penyakit kulit penderita dapat menggunakan salep atau obat yang memiliki kandungan antibiotik untuk mencegah persebaran bakteri penyebab penyakit kulit.

Demam Berdarah
Penyakit dimusim penghujan yang terakhir adalah bemam berdarah atau yang lebih dikenal dengan DB. Penyakit DB ini disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh gigitan nyamuk. Nah untuk mencegah penyakit ini hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mencaga kebersihan lingkungan sekitar rumah. Selain itu juga diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

Nah itulah beberapa penyakit dimusim penghujan yang harus Anda waspadai. Baca juga artikel terkait lainnya Inilah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus