Inilah Penyebab Pengapuran Tulang dan Cara Mengatasinya

By Categories : Penyakit

Dalam dunia medis pengapuran tulang biasa disebut dengan osteoarthritis. Banyak orang yang mengira bahwa pangapuran tulang sama dengan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini wajar karena gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini hampir sama. Pengapuran tulang atau osteoarthritis adalah salah satu penyakit pada tulang yang terjadi karena penumpukan kalsium pada tulang. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang yang memiliki berat badan berlebih ataupun seseorang yang sudah berusia lanjut.

Penyebab Pengapuran Tulang

Penyebab pengapuran tulang paling umum

Lantas apa saja faktor penyebab dari pengapuran tulang? Beberapa faktor yang menyebabkan pengapuran tulang anara lain  berat badan yang berlebih, seseorang yang berusia lanjut, kecelakaan yang merusak tulang sendi, aktivitas yang berlebihan, infeksi pada pengapuran ataupun terjadinya kerusakan pada tulang yang menyebabkan tulang rawan tipis dan permukaannya tidak rata. tentu saja hal ini dapat menyebakan gesekan antara tulang dengan tulang yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa nyeri.

Nah itulah beberapa penyebab pengapuran tulang yang perlu diwaspadai. Untuk mengetahui ada tidaknya pengapuran tulang ataupun sendi dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan fisik secara berkala dengan dokter spesialis tulang serta dengan melakukan foto rontgen. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Setelah mengetahui apa saja penyebab pengapuran tulang, berikut adalah berbagai cara untuk mengatasi pengapuran tulang.

Cara mengatasi pengapuran tulang paling ampuh

  • Menggunakan air panas ataupun air dingin

Yang pertama adalah dengan menggunakan air panas ataupun air dingin.  Saat osteoarthritis menyebabkan rasa nyeri dan sakit pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara merendamnya dengan menggunakan air dingin ataupun air panas. Aair dingin yang Anda gunakan dapat meredakan kejang dan nyeri otot. Sedangkan air panas atau hangat sangat ampuh untuk melemaskan otot tersebut.

  • Memberikan obat anti peradangan dan suplemen pendukung

Yang kedua adalah dengan mengonsumsi obat anti peradangan dan suplemen pendukung lainnya. obat anti perasangan tersebut berguna untuk mengatasi peradangan yang sedang terjadi. Sedangkan suplemen pendukung tersebut digunakan untuk menumbuhkan tulang rawan.

  • Olahraga secara teatur

Cara mengatasi pengapuran tulang selanjutnya adalah dengan cara olahraga secara teratur. Olahraga sangat penting untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Olahraga juga dapat membuat sendi lebih stabil. Selain itu olahraga secara teratur juga dapat mengurangi berat badan. Meskipun begitu namun sebaiknya jangan olahraga secara berlebihan karena dapat memperburuk masalah kesehatan Anda.

  • Terapi khusus

Selain melakukan berbagai macam cara seperti di atas, Anda mungkin membutuhkan obat pereda nyeri dan terapi khusus untuk megatasi pengapuran tulang. Beberapa terapi yang dapat Anda lakukan seperti terapi okupasi, terapi fisik dan menggunakan sepatu khusus. sepatu khusus untuk seorang penderita pengapuran tulan dapat mengurangi rasa sakit ketika berdiri ataupun berjalan.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab pengapuran tulang dan cara mengatasinya.

Baca juga sudah tahukah Anda kebutuhan protein dalam setiap harinya?

penyebab pengapuran tulang - Pengapuran tulang - penyebab pengapuran - pengapuran - penyebab pengeroposan tulang - pengeroposan tulang - penyebab pengapuran sendi - sebab dan pencegahan pengapuran tulang - sebab dan pencegahan pengapuran tulang - penyebab dan penyembuhan pengapuran - penyebab peng - penyebab pengapuran tulang - penyebab pengapuran - cara mengatasi pengroposan tulang dini - penyebab pengapuran tulang -