Inilah Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

By Categories : Kesehatan

Pada usia yang kelima bulan perkembangan bayi akan semakin pesat. Si kecil pun juga akan dapat menggunakan segala organ tubuhnya. Umumnya perkembangan bayi usia 5 bulan dapat membuat  berbagai macam suara dengan bibir dan lidahnya. Hal ini merupakan sebuah mekanisme bayi untuk memulai kemampuan berbahasanya. Pada usia 5 bulan bayi juga sudah dapat tertawa. Pastinya Anda pensaran kan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan bayi yang berusia 5 bulan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

perkembangan bayi usia 5 bulan

Tahap penting perkembangan bayi 5 bulan

Mengeluarkan suara tertentu

Yang pertama adalah bayi selalu mengeluarkan suara-suara tertentu. Biasanya pada usia ini bayi seringkali menggumam. Saat bayi mengeluarkan suara tersebut pastikan Anda jangan diam saja, tapi berikanlah tanggapan  mengajaknya berbcicara. Dengan begitu si kecil dapat berkomunikasi dengan Anda. namun jika suara yang dikeluarkan berbeda, mungkin hal ini sebagai pertanda jika ia sedang lapar ataupun ingin bermain.

Belajar menegakkan tubuhnya

Yang kedua adalah bayi suka menegakkan tubuhnya dalam posisi duduk. Saat pertama kali belajar mungkin ia akan duduk dengan posisi tubuh condong ke depan dan memakai tangannya untuk menopang tubuhnya. Untuk membantu si kecil belajar duduk Anda bisa menggunakan bantal ataupun tubuh Anda sebagai sandaran punggungnya. Jika bayi selalu membiasakan hal ini maka tubuhnya akan semakin kuat dan stabil.

Suka memukul benda

Perkembangan bayi usia 5 bulan selanjutnya adalah ia sangat suka memukul benda ke lantai. Ketika mendapatkan mainan biasanya ia akan memukul dan menghempaskan mainan tersebut ke lantai. Namun Anda jangan khawatir karena tahap ini merupakan sebuah proses yang sangat wajar dialami oleh bayi usia 5 bulan.

Sangat tertarik terhadap makanan

Berikutnya adalah bayi suka memperhatikan makanan yang ada di dalam piring yang sedang Anda pegang. Namun tak hanya itu saja, si kecil juga akan mencoba meraih dan memasukkannya ke dalam mulut. namun sebaiknya Anda menjauhkan makanan tersebut. Karena bayi usia 5 bulan belum bisa menyantap makanan pendamping ASI (MPASI).

Indera penglihatan

Penglihatan bayi dalam setiap bulannya pun akan semakin berkembang. Pada usia ini bayi masih memiliki penglihatan yang belum terlalu jelas. Namun ia sudah bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak. Tak hanya itu saja ia juga sudah bisa membedakan berbagai warna.

Dapat memegang botol susu sendiri

Pada minggu kedua, bayi yang berusia 5 bulan kemungkinan besar sudah dapat memegang botol susunya sendiri. Meskipun begitu, Anda tidak boleh meninggalkannya sendiri ketika si kecil sedang minum susu. Karena susu yang terhambat atau tersendat tidak dapat tertelan dan akhirnya akan masuk ke saluran yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan dengan bagian telinga. Hal ini tentunya sangat berisiko menyebabkan infeksi telinga.

Dapat memberikan pelukan dan ciuman

Ketika bayi sudah berusia 5 bulan kemampuan sosial bayi sudah mulai muncul. Salah satunya yaitu dapat memberikan ciuman dan pelukan bagi orang tersayang. Namun tak hanya itu saja, si kecil juga sudah dapat menyadari ketika Anda sedang memanggil namanya ataupun membicarakannya. Ia juga dapat berinteraksi dengan sekitarnya, yang ditandai perilaku seperti menangis, tertawa, tersenyum, menjerit, menirukan suara, kecewa, sedih dan lainnya.

Sudah bisa meraih benda

Perkembangan bayi usia 5 bulan selanjutnya adalah ia sudah bisa meraih benda yang berada dalam jangkauannya. Jika Anda meletakkan benda atau maninan yang digantung di atas tempat tidur, sebaiknya Anda memindahkan benda tersebut. Karena kemampuannya yang sudah bisa meraih benda hal ini menurunkan resiko agar benda tersebut tidak jatuh menimpanya.

  • Tips yang perlu diperhatikan untuk merawat bayi usia 5 bulan

Untuk dapat merangsang pertumbuhan dan kemampuan bayi Anda disarankan untuk memberi pujian berupa tepuk tangan, ciuman, ataupun senyuman ketika bayi Anda berhasil melakukan sesuatu yang jarang dilakukan, seperti berhasil berguling, meraih benda yang diletakkan jauh darinya dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memperkenalkan warna cerah padanya agar kemampuan visualnya dapat berkembang dengan baik.

  • Konsultasikan ke Dokter

Setiap anak pastinya memiliki kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu Anda tak perlu khawatir jika diusianya yang sudah 5 bulan ia belum memiliki kemampuan tersebut. Jika bayi Anda lahir secara prematur, maka dia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat melakukan hal tersebut.

Bayi yang berusia 5 bulan umumnya sudah dapat mendeteksi benda yang bergerak dan benda kecil serta dapat membedakan warna satu dengan lainnya. Jika matanya tidak mengikuti pergerakan benda atau manusia, sebaiknya periksakan anak ke dokter.

Untuk menstimulasinya Anda bisa memberikan pengalaman baru pada anak, seperti mengajaknya ke taman ataupun ke supermarket. Dengan begitu ia akan dapat memperhatikan benda-benda baru yang beraneka warna.

Demikianlah ulasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan.

Baca juga penyebab dan cara mengatasi kolik pada bayi.

perkembangan bayi 5 bulan - bayi 5 bulan - perkembangan bayi usia 5 bulan - bayi umur 5 bulan - bayi usia 5 bulan - bayi 5 bulan bisa apa - perkembangan anak usia 5 bulan - perilaku bayi 5 bulan - perkembangan bayi 5 bln - bayi 5bulan - perkembangan bayi umur 5 bulan - perkembangan bayi 5bulan - bayi 5 bln - perkembangan bayi - pertumbuhan bayi 5 bulan -