Jenis Buah Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Darah tinggi atau hipertensis adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang memperhatikan pola hidup sehat. Penyakt darah tinggi atau hipertensi memang penyakit yang tidak secara langsung menimbulkan kematian bagi penderitanya, namun penyakit ini sangat berpotensi untuk menimbulkan penyakit selanjutnya yang dapat berujung pada kematian seperti halnya penyakit strok.

Jenis Buah Untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Oleh karena itu pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat sangat penting dilakukan untuk menghindari kematian akibat dari penyakit darah tinggi atau hipertensi. Salah satu makanan sehat adalah buah-buahan yang memang telah dipercaya untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Lalu apa saja buah tersebut? Berikut penjelasannya!

Jenis Buah yang Bisa Anda Konsumsi

Buah Beri

Inilah buah pertama yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yaitu buah beri. Hal ini disebabkan karena buah beri memiliki kandungan potasiumnya yang tinggi yang berpotensi untuk mengatur tekanan darah tinggi. Lalu berapa potasium yang dibutuhkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi? Potasium yang dibutuhkan per hari minimal 4.700 mg sekitar 23 mangkuk buah beri. Adapun cara mengonsumsinya tidaklah sulit bisa dengan dimakan secata langsung ataupun dibuat jus.

Mengkudu

Mungkin buah ini sangat jarang disukai oleh masyarakat karena rasanya dan aromanya tidak enak. Namun dibalik itu semua buah mengkudu memiliki manfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang di dalamnya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya seperti protein, vitamin, dan mineral. Adapun zat yang berperan untuk mengatasi tekanan darah tinggi seseorang adalah selenium yang merupakan antioksidan yang luar biasa.

Tomat

Buah yang sangat jarang sekali dikonsumsi secara langsung ini menyimpan banyak manfaat dan kandungan di dalamnya. Adapun kandungan di dalamnya adalah potasium, vitamin C, dan tinggi serat yang bermanfaat salah satunya adalah untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Karena buah ini sangat jarang dikonsumsi secara langsung, maka Anda bisa juuga dikonsumsi dengan cara membuat jus terlebih dahulu.

Jeruk

Buah jeruk memang sudah sangat terkenal sekali manfaatnya di masyarakat. Buah yang sangat banyak mengandung vitamin C, serat dan potasium yang sangat tinggi ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi hipertensi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah dengan hipertensi sebaiknya sering mengonsumsi buah jeruk setiap hai.

Mentimun

Mentimun juga salah satu buah yang sangat sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Karena mentimun banyak mengandung zat potasium yang sangat tinggi, oleh karena itulah buah mentimun masuk dalam kategori buah penurun tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa buah yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Baca juga artikel tentang Makanan sehat untuk tekanan darah rendah.

buah untuk mengobati darah tinggi -