Jenis Makanan Rendah Kalori yang Baik Untuk Tubuh

By Categories : Nutrisi

Makan atau ngemil merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan, namun kesenangan tersebut justru banyak dibatasi atas dasar makan atau ngemil dapat membuat orang menjadi gemuk. Sebenarnya makanan tidak memiliki kandungan yang dapat menggemukan badan asalkan makanan yang dimakan kandungannya seimbang. Untuk mengatur jumlah asupan kalori yang merupakan inti dari progam diet, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis makanan yang rendah kalori. Karena jenis makanan tersebut merupakan makanan ideal bagi mereka yang sedang menjalankan progam diet. Selain itu makanan rendah kalori dan tinggi serat merupakan jenis makanan pembakar lemak dalam tubuh.

Jenis Makanan Rendah Kalori

Selain itu salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan progam diet adalah dengan cara mencoba progam diet rendah kalori, yaitu dengan cara mengonsumsi 1500 kalori perhari. Adapun jenis makanan rendah lemk  adalah sebagai berikut!

Jenis Makanan Rendah Lemak yang Bisa Anda Coba

Apel

Jenis buah yang memiliki kandungan rendah kalori salah satunya adalah buah apel. Manfaat apel untuk kesehatan dan diet, hal ini dikarenakan buah apel tersebut hanya mengandung 65 kalori. Selain itu buah apel juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang pastinya sangat baik untuk kesehatan jantung.

Brokoli

Untuk jenis sayuran yang sangat dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan rendah kalori adalah brokoli. Dimana kandungan kalori yang ada pada brokoli adalah hanya 1o kalor per ons. Namun untuk kandungan gizi yang lain sangat banyak diantaranya kandungan antibiotik yang sangat bermanfaat untuk mencegah peradangan dan kanker. Supaya untuk memporoleh manfaat yang maksimal dari kandungan yang terdapat dalam brokoli usahakan ketika memasaknya harus dengan cara merebus atau mengukus.

Bayam

Jenis makanan rendah kalori selanjutnya adalah Bayam. Kandungan kalori yang terdapat dalam sayur ini tidak banyak yaitu hanya sekisar 7 kalori per ons. Maka dengan begitu manfaat bayam untuk diet sangat baik dijadikan menu makan orang yang sedang menurunkan berat badan. Untuk mengahasilkan manfaat yang maksimal cara memasak bayam sama halnya dengan memasak brokoli yaitu dengan cara merebus dan kukus.

Gandum

Gandum termasuk salah satu makanan yang memiliki kandungan rendah lemak. Menurut New York Daily News mengatakan bahwa gandum juga merupakan makanan yang mengandung nnutrisi yang dapat membakar lemak dengan cara menjaga tingkat insulin rendah. Selain itu gandum juga menyedikan banyak kandungan karbohidrat kompleks dan serat. Maka dari itu gandum merupkan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan progam diet.

Selada air

Berikutnya adalah selada air. Bagi Anda yang memiliki program menurunkan berat mulailah untuk mengonsumsi selada air. Menu makanan rendah lemak dan kalori ini cocok digunakan sebagai cemilan saat diet. Namun tak hanya itu saja, selada air juga mengandung zat baik untuk melawan kanker dan segala macam penyakit lainnya.

Lobak

Sudah menjadi rahasia umum jika lobak memang makanan cocok dikonsumsi sehari-hari. Selain dimasak sebagai sayur, lobak juga nikmat dikonsumsi secara langsung. Sama halnya dengan selada air dan makanan lainnya, lobak juga mengandung glikemik rendah yang cocok untuk diet dan menjaga kesehatan. Selain itu, kandungan vitamin C pada lobak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tomat

Makanan rendah kalori berikutnya adalah tomat. Selain digunakan sebagai campuran masakan, tomat juga dapat dimanfaatkan sebagai jus untuk diet ataupun untuk menjaga kesehatan. Namun tak hanya itu saja, kandungan vitamin C pada buah tomat juga dapat menghaluskan kulit dan melindunginya dari sinar UV. Kandungan serat dalam buag tomat juga dapat membantu Anda dalam melancarkan pencernaan. Sehingga perut akan selalu rata dan tidak buncit.

Lemon

Setiap orang pasti menyukai buah yang satu ini. Sama halnya dengan tomat, lemon juga sering digunakan sebagai campuran masakan dan dibuat jus. Kandungan kalorinya yang rendah membuat seseorang yang mengonsumsinya tidak akan mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah lemon juga dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi buah lemon secara teratur juga merupakan cara efektif meningkatkan stamina tubuh.

Asparagus

Asparagus juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi namun rendah lemak. Oleh karena itu banyak sekali orang yang memanfaatkan asparagus sebagai makanan untuk meningkatkan kesehatan. Manfaat asparagus adalah berguna sebagai detoksifikasi karena makanan ini mengandung asam amino yang sangat tinggi. Selain itu, asparagus juga merupakan makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Kale

Kale mengandung banyak vitamin, asam folat, zat besi dan pastinya rendah kalori. Beberapa kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam sayur kale ini tentunya dapat membuat tubuh tetap bugar dan dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Nah itulah beberapa jenis makanan rendah kalori yang sangat baik bagi orang yang sedang melakukan progam diet. Selain tubuh menjadi ideal setelah melakukan diet rendah kalori, tentu saja kesehatan tubuh pun juga akan selalu terjaga.

makanan rendah kalori - contoh makanan Rendah Kalori dan lemak - contoh sayuran yang rendah lemak - Jenis makanan yang kaya gizi dan kalori - manfaat makanan rendah kalori -