Khasiat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat, Obat

Orthosiphon aristatus atau yang lebih dikenal dengan nama daun kumis kucing ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang memiliki manfaat  bagi kesehatan. Diantaranya dari mulai penyakit ringan hingga penyakit kronis, hal ini berkat kandungan senyawa atau nutrisi yang terdapat dalam kandungan daun kumis kucing. Bagian dari tanaman ini yang paling bermanfaat adalah bagian daunnya yang mengandung kadar kalium, glikosida orthosiponin, fosfor dan oksalat.

Khasiat Daun Kumis Kucing

Sekarang ini daun kumis kucing sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan yang digunakan dalam bentuk ramuan herbal baik minuman ataupun campuran bahan obat. Banyak sekali manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan, tapi manfaat yang paling dikenal adalah berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing batu. Nah penasaran mengenai manfaat daun kumis kucing lainnya? Berikut akan dijelaskaan mengenai khasiat daun kumis kucing bagi kesehatan.

Khasiat Daun Kumis Kucing  yang Perlu Anda Ketahui

Mengeluarkan Air Kemih

Manfaat daun kumis kucing yang paling ampuh adalah membantu proses mengeluarkan air kemih atau air kencing. Jika seseorang mengalami susuh buang air kecing atau mengeluarkan air kemih maka tandanya saluran kemih sedang mengalami infeksi . Biasanya infeksi saluran kemih terjadi pada saluran ginjal dan saluran kandung kemih yang disebabkan adanya bakteri escherishia coli yang biasa hidup pada kotoran dan usus manusia.

Cara pengunaanya untuk mengatasi hal tersebut, cukup mengambil 25 gr daun kumis kucing rebus dengan menggunakan 2 gelas air putih sampai mendidih. Setelah itu Anda bisa minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Daun kumis kucing ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri, menghilangkan peradangan dan memelihara persendian agar tetap dalam keadaan baik. Adapun cara untuk memanfaatkan daun kumis kucing sebagai pengobatan rematik yaitu dengan merebus 5 helai daun kumis kucing dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah dingin minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

Mengobati Batuk

khasiat daun kumis kucing selanjutnya adalah mengatasi penyakit batuk. Batuk meruapakan penyakit yang disebabkan oleh virus atau karena benda asing seperti debu, alergi dan kuman yang merangsang selaput lendir yang menyebabkan terjadinya batuk. Salah satu ramuan yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk adalah daun kumis kucing. Cara untuk memanfaatkannya adalah sama seperti cara di atas namun untuk jumlah daunnya yang berbeda yaitu menggunakan 15 helai daun kumis kucing dan 1 gelas air. Setelah itu rebus hingga mendidih dan minum secara rutin setiap tiga kali sehari sampai sembuh.

Nah itulah penjelasan mengenai khasiat daun kumis kucing bagi kesehatan. Baca juga artikel mengenai Khasiat daun sirsak untuk tubuh.

obat batuk alami buat anak-anak -