Macam-Macam Penyakit Pada Ibu Hamil

By Categories : Penyakit

Hamil dan bisa memiliki keturunan merupakan sebuah impian yang sangat didambakan setiap orang terutama bagi seorang wanita. Konon, jika seorang wanita belum pernah merasakan hamil, maka ia belum menjadi seorang wanita yang seutuhnya. Maka tidak heran jika apapaun akan dilakukan oleh seorang wanita supaya untuk bisa hamil. Hamil memang sebuah anugerah yang sangat besar yang diberikan oleh Tuhan, akan tetapi semua orang tahu proses kehamilan selama 9 bulan bukalah hal yang cukup mudah untuk dijalani. Hal itu dikarenakan banyak sekali rintangan yang harus dihadapi bagi setiap wanita yang hamil salah satunya adalah berbagai macam penyakit yang sering terjadi pada ibu hamil.

Penyakit Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa dimana tubuh sangat rentan terkena berbagai penyakit, maka dengan begitu kondisi tersebut sangat dibutuhkan perhatihan yang khusus baik secara fisik maupun mental. Lalu apa saja macam-macam penyakit atau keluhan yang sering mucul? Berikut penjelasannya.

Berikut Macam-macam Penyakit Pada Ibu Hamil

Anemia

Kondisi dimana tubuh memiliki sedikit sel darah merah atau sel tidak dapat membawa oksigen keberbagai organ tubuh yang sering disebut dengan anemia kehamilan. Hal ini dipengaruhi karena selama kehamilan volume darah ibu hamil akan mengalami peningkatan hingga 50 persen dan perkembangan tumbuh kembang janis tergantung pada darah ibu hamil. Tapi jika ibu hamil menderita anemia maka akan mengakibatkan kondisi janin lahir prematur dan berat lahir rendah. Biasanya anemia kehamilan ini disebabkan karena ibu hamil kekurangan vitamin dan mineral seperti asam folt, vitamin b12 dan lain sebagainya. Cara mengatasi anemia pada ibu hamil adalah sering mengonsumsi sayuran, pisang, dan sari kurma.

Pregnancy Induced Hypertension

Penyakit pada ibu hamil ini merupakan salah satu bentuk tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Kondisi ini sering kali terjadi pada wanita hamil pertama kali, kehamilan kembar, atau wanita hamil yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Penyakit ini dapat membuat kenang pada ibu hamil dan tentu dapat beresiko fatal pada kondisi kesehatan janin.

Penyakit Rhesus

Penyakit rhesus atau yang sering disebut dengan Rh merupakan penyakit yang memang sangat jarang terjadi, penyakit terjadinya ketidakcocokan jenis darah ibu dengan bayi. Pada umumnya penyakit Rh ini akan berdampak negatif yaitu bayi yang baru lahir tersebut dapat terkena anemia atau terjadi komplikasi lainnya seperti penyakit kuning atau pembesaran organ tubuh.

Placenta Previa

Penyakit selanjutnya adalah placenta previa yang merupakan penyakit komplikasi umum pada kehamilan yang beresiko tinggi yaitu plasenta dalam kondisi melekat atau menutupi leher rahim (pembukaan rahim). Kondisi yang seperti ini dapat mengakibatkan pendarahan pada bagian bawah rahim dan jika penyakit atau gangguan ini tidak dengan cepat ditangani maka akan beresiko terhadap perlambatan pertumbuhan janin, kelahiran prematur dan infeksi selama kehamilan.

Demikian penjelasan menganai macam-macam penyakit pada ibu hamil. Baca juga artikel terkait mengenai Buah yang baik untuk ibu hamil.

penyakit pada ibu hamil - macam macam penyakit pada ibu hamil - penyakit kehamilan - macam macam bawaan bayi saat hamil - penyakit ibu hamil - penyakit pada kehamilan - penyakit dalam kehamilan - penyakit bawaan saat hamil - macam macam bawaan bayi saat hamil - macam macam bawaan bayi saat hamil - penyakit bawaan saat hamil -