Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

By Categories : Kesehatan

Kesehatan mata memang tidak ternilai harganya, karena seperti yang kita tahu mata merupakan indera yang sangat penting bagi kehidupan kita. Seperti kata peribahasa mata merupakan jendela dunia bagi kehidupan, jika ada gangguan sedikit saja pada mata maka akan membuat segala aktivitas kita menjadi tidak nyaman. Supaya hal itu tidak terjadi kepada kita semua maka sangat penting sekali jika kita selalu menjaga kesehatan mata setiap hari. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata salah satunya adalah dengan mengonsumsi makan-makanan sehat, khsusunya baik untuk kesehatan mata. Nah lalu apa saja jenis makanan tersebut?

Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

Berikut Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

Wortel dan Kentang

Kedua makanan tersebut memiliki kandungan ProVitamin A karotenoid dan tinggi betakaroten yang merupakan nutrisi yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kedua kandungan sayuran tersebut selain memiliki manfaat bagi kesehatan mata, juga bermanfaat untuk menjaga tulang yang sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ikan Salmon

Makanan baik untuk kesehatan mata yang kedua yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata adalaha ikan salmon. Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan salmon memang lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Beberapa penelitian yang menunjukkan jika seseorang yang suka mengonsumsi ikan salmon maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga kondisi mata akan sehat sepanjang hari.

Telur

Telur merupakan jenis makanan yang banyak mengandung sumber nutrisi yang banyak ini di antaranya mengandung lutein, B12, vitamin D, dan vitamin A sangat baik untuk menunjang kesehatan mata. Terutama pada kandungan putih telur sangat baik dalam mencegah bila terjadi proses degenerasi makular dan penyakit katarak.

Bayam

Jenis makanan yang dipercaya memiliki manfaat untuk menambah energi dalam tubuh juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan oleh kandungan lutein yang ada di dalamnnya yang berfungsi untuk mencegah penyakit glukoma dan menyehatkan mata.

Alpukat

Jenis buah yang memiliki kandungan lutein yang sangat banyak adalah buah alpukat. Fungsi lutein yang terdapat dalam buah alpukat adalah untuk mencegah degenerasi makular dan mata katarak, selain itu buah alpukat juga juga memiliki peranan sebagai penyerap nutrisi penting dalam tubuh seperti beta karotin dan alfa yang berguna untuk membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

Nah itulah beberapa jenis makanan baik untuk kesehatan mata sepanjang hari. Selain beberapa makanan yang sudah saya sebutkan di atas, mungkin masih banyak jenis makanan lagi lainnya. Tapi semoga dengan sedikit ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua.