Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

By Categories : Kesehatan

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai makanan ibu hamil trimester pertama. Pada awal kehamilan sangat penting sekali bagi kita untuk mulai menjaga asupan makanan yang akan di konsumsi. Hal ini disebabkan kehamilan pertama sangat rawan mengalami masalah hingga dapat berakibat keguguran. Tentu saja setiap ibu hamil tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Karena kehamilan merupakan sebuah anugrah yang terindah dari yang Maha Kuasa.

makanan-ibu-hamil-trimester-pertama
Kehamilan pada trimester pertama memang sangat menebarkan bagi calon ibu hamil. Rasa ingin tahu tentang kehamilan memang cenderung lebih besar yang bertujuan untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat. Seperti misalnya dengan membaca majalah, buku, dan mencari sumber informasi yang berketerkaita dengan kehamilan. Nah berikut ini akan kami paparkan beberapa informasi penting untuk calon ibu hamil yaitu makanan ibu hamil trimester pertama.

Inilah Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Sayuran
Biasanya kehamilan pertama ditandai dengan gejala mual, muntah dan gejala lainnya yang secara umum dialami oleh ibu hamil trimester pertama. Gejala tersebut dalam dunia kedokteran disebut dengan morning sickneess. Nah berkaitan dengan makanan ibu hamil trimester pertama kondisi tersebut bisa di atasi dengan cara mengonsumsi sayuran. Hal itu dikarenakan dalam sayuran memiliki kandungan zat besi yang berpotensi untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu sayuran bermanfaat juga mencegah penyakit anemia yang kadang sering terjadi pada saat masa kehamilan. Adapun jenis sayuran yang baik dikonsumsi adalah sayur bayam dan brokoli.

Buah-buahan
Selain sayuran, ternyata buah-buahan juga sangat baik untuk dikonsumsi pada saat masa kehamilan trimester pertama. Ketika ingin mengonsumsi buah-buahan, usahakan pilih buah yang masih segar. Karena kandungan nutrisi dan serat dalam buah segar lebih banyak dibandingkan buah dalam kalengan. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga pencernaan seperti mengatasi sembelit yang sering terjadi pada saat masa kehamilan. Adapun buahan-buahan yang baik untuk dikonsumsi adalah jeruk

Produk Olahan Susu
Jenis makanan ibu hamil trimester pertama selanjutnya adalah mengonsumsi produk olahan susu. Ibu hamil memang sangat disarankan mengonsumis berbagai produk olahan susu. Hal ini dikarenakan susu mengandung protein yang berfungsi untuk menunjang proses pertumbuhan sel dan janin dengan cepat dan baik. Maka dari itu dengan banyak mengonsumsi berbagai produk olahan susu cara yang sangat baik untuk mendapatkan asupan protein secara maksimal.

Ikan Salmon
Wanita hamil memang dilarang untuk mengonsumis makanan laut, misalnya seperti ikan udang, kepiting, cumi, karena dapat menimbulkan alergi. Namun, untuk ikan laut yang satu ini justru sangat disarankan yaitu ikan salmon. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki kadungan yang sangat baik baik kesehatan janin dan ibu hamil trimester pertama.

Nah itulah penjelasan mengenai makanan ibu hamil trimester pertama yang dapat Anda ketahii. Baca juga artikel terkait lainnya Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil.