Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

By Categories : Nutrisi

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas serta daya ingat yang tinggi? Hampir setiap orang menginginkan hal tersebut. Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Ini karena otak dapat mengatur seluruh kegiatan dan aktivitas dalam diri manusia. Tak hanya itu saja, dengan memiliki daya ingat yang tinggi tentunya ini akan membantu kita dalam menyelesaikan segala sesuatunya.

Secara umum daya ingat dan konsentrasi otak dapat ditingkatkan dari aktivitas yang sehat, sosialisasi yang sehat dan pastinya mengonsumsi makanan yang sehat. Seperti yang Anda ketahui makanan merupakan komponen utama dalam menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu otak. Nah, berikut adalah makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi!

makanan-otak

Cara alami meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Kacang-kacangan

Makanan yang pertama adalah kacang-kacangan. Selama ini kacang dihindari oleh setiap orang karena dipercaya dapat menyebabkan jerawat. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, kandungan vitamin dan nutrisi dalam kacang-kacangan mampu meningkatkan daya ingat otak Anda. Hal ini dikarenakan kacangan mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi membran sel saraf. Tak hanya itu saja, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menunjang fungsi dan pertumbuhan otak.

Buah berry

Yang kedua adalah buah berry. Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selain dapat mencegah kanker, buah berry juga berguna untuk meningkatkanĀ  daya ingat pada otak. Selain vitamin C, buah berry juga mengandung zat quercetin yang berguna untuk melindungi fungsi sel otak. Sedangkan antosianin pada buah berry dapat mencegah penyakit Alzheimer atau penurunan daya ingat.

Tomat

Buah yang memiliki warna merah ini pun memiliki manfaat yang sama seperti buah berry. Selain dapat mencegah kanker, tomat juga meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Hal ini dikarenakan tomat mengandung senyawa lycopene yang dapat membantu melindungi tubuh dari segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan tentunya ini akan membantu otak lebih sehat dan menurunkan resiko alzheimer. Selain tomat, Anda juga mengonsumsi jenis sayuran lainnya seperti brokoli, bayam, asparagus, paprika dan juga kubis.

Asam lemak omega 3

Selanjutnya adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 yang Anda konsumsi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, mencegah depresi serta meningkatkan daya ingat. Hal ini pun diperkuat dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak sangat berperan dalam mempertajam fikiran serta daya ingat seseorang. Sumber asam lemak omega 3 yang dapat Anda konsumsi adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan makerel, sarden, teriĀ  dan jenis ikan lainnya.

Nah itulah beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Buah apa yang bisa meningkatkan konsentrasi - buah dan sayuran buat otak lebih mudah ingat dan pintar - buah yg fungsing buat daya inget - cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat - jenis kopi apa yang bisa meningkatkan ingatan dan konsentrasi pada manusia - makanan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat - makanan yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi -