Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

By Categories : Kesehatan

Selama menstruasi biasanya para wanita akan merasakan lelah hingga malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para wanita saat menstruasi adalah nyeri dan juga kram pada perut. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu mengonsumsi makanan yang sehat saat menstruasi. Tak hanya menyehatkan tubuh, makanan sehat juga dapat mengatasi mood wanita yang turun akibat menstruasi serta menghilangkan stres. Maka dari itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang tepat dan juga sehat. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat, fresh dan tidak mudah lelah saat periode haid tiba. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi? Berikut ulasannya.

makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi

Berikut Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan sehat yang baik dikonsumsi selama menstruasi yang pertama adalah makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang Anda ketahui, saat menstruasi tubuh akan kehilangan zat besi di dalam darahnya. Maka dari itu, seorang wanita yang sedang menstruasi sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena kurangnya zat besi di dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami kelelahan dan juga menurunkan kinerja tubuh. Sumber makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang merah, sereal, kacang kedelai, kacang poling, kismis, bayam dan juga tahu.

Buah-buahan

Saat menstruasi makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah buah-buahan. Hal ini karena buah mengandung gula alami yang akan membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan gula yang tinggi selama menstruasi. Buah terbaik yang dapat Anda konsumsi adalah semangka. Selain menyegarkan, buah semangka juga bermanfaat untuk mengurangi kram pada perut serta dapat memperlancar aliran darah. Tak hanya semangka, Anda juga dapat mengonsumsi pisang untuk meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.

Cokelat

Selanjutnya adalah cokelat. Sebaiknya Anda mengonsumsi cokelat yang mengandung biji kokoa sebesar 60% setiap harinya. Ini dikarenakan cokelat tersebut dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang Anda. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada cokelat juga dapat membantu Anda untuk mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik.

Daging Tanpa Lemak

Seperti yang Anda ketahui, seorang wanita yang menstruasi pasti akan mudah lelah dan juga letih. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak berguna untuk meningkatkan energi selama haid dan juga mengatur aliran menstruasi agar tetap lancar. Selain itu, daging tanpa lemak juga kaya akan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh selama haid.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi. Konsumsilah makanan sehat selama menstruasi agar tubuh tetap sehat, tidak mudah lelah dan juga tidak merasakan berbagai macam keluhan saat haid seperti nyeri pada perut.

Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Setiap orang pastinya pernah mengalami haid tidak teratur ataupun keterlambatan menstruasi dalam setiap bulannya. Menurut Dr Sherry Ross dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, normalnya setiap wanita akan mengalami menstruasi  28 hari sekali. Hal tersebut pun bisa kurang ataupun lebih, tergantung pada kondisi mental serta fisik masing-masing. Selain kehamilan erikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi siklus menstruasi.

PCOS (Polycystic ovary syndrome)

PCOS merupakan gangguan hormonal yang seringkali menyerang wanita di usia reprosuksi. Seorang wanita yang mengalami gangguan ini memiliki banyak kista kecil yang terletak di sepanjang luar dari masing-masing ovarium. Hal inilah yang menyebabkan tidak adanya ovulasi dan hormon dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang. Akibatnya wanita yang mengalami gangguan PCOS siklus menstruasinya tidak teratur dan menyulitkannya dalam mendapatkan keturunan.

Obesitas atau berat badan berlebih

Tahukah Anda bahwa kegemukan juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi? Hal ini pun dijelaskan oleh dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, ia menyatakan bahwa jika berat bedan berlebih ada kemungkinan siklus haid menjadi tidak teratur. Meskipun tidak membutuhkan pengobatan, namun hal menurunkan berat badan adalah hal utama yang harus dilakukan.

Obat-obatan

Penyebab haid tidak teratur selanjutnya adalah disebabkan karena obat-obatan. Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin, pil KB dan ibuprofen dapat mengubah hormon dalam tubuh wanita yang mengatur siklus mentruasi. Sehingga hal ini dapat menyebabkan siklus menstruasi datang terlambat.

Olahraga berlebihan dan stres

Latihan fisik yang terlalu berlebihan dapat mempengaruhi produksi hormon leptin. Menurut Ross, perubahan tersebut berkontribusi untuk membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Tak hanya olahraga berlebih, stres juga dapat menyebabkan haid tidak lancar. Hal ini dikarenakan ketika seseorang stres, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti melepaskan hormon esterogen dan progesteron. Padahal kedua hormon tersebut sangat dibutuhkan dalam proses haid.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi dan penyebab haid tidak lancar.

Baca juga Tips melancarkan menstruasi secara alami.

makanan yang baik saat haid - makanan yang baik saat menstruasi - makanan saat haid - makanan yang dianjurkan saat haid - buah yang baik saat haid - larangan makanan dan minuman saat haid - buah yang baik dikonsumsi saat haid - makanan untuk wanita haid - buah-buahan yang dilarang saat haid - makanan untuk haid - makanan yang baik untuk wanita haid - buah yang tidak boleh dimakan saat haid - buah yang baik saat menstruasi - Makan semangka saat haid - makanan untuk menstruasi -