Makanan yang Mengandung Asam Folat

By Categories : Kesehatan

Asam folat atau Vitamin B merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh terutama bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan asam folat bermanfaat untuk mencegah kelainan pada otak, sumsum tulang belakang, kelahiran prematur serta kelahiran cacat pada bayi. Setiap hari, seorang ibu hamil wajib mencukupi kebutuhan asam folat hingga 400 mcg. Jika Anda belum mengetahui makanan apa saja yang kaya akan asam folat, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Makanan yang mengandung asam folat

Brokoli

Makanan kaya akan asam folat yang pertama adalah brokoli. Dalam 100 gram brokoli memiliki kadar asam folat hingga 63 mcg. Selain asam folat, brokoli juga kaya akan kalsium dan juga vitamin C. Kalsium  dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang. Sedangkan vitamin C berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit.

Bayam

Yang kedua adalah bayam. Jenis sayuran ini merupakan sayuran yang sangat mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dalam 100 gram bayam mengandung asam folat yaitu 194 mcg. Tentunya ini dapat mencukupi kebutuhan asam folat hampir 50% dalam setiap harinya. asam folat pada daun bayam berguna untuk menghindari cacat syaraf tulang belakang dan pada otak bayi. Tak hanya itu saja, bayam juga kaya akan zat besi yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi anemia.

Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang memiliki batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga. Meskipun kaya akan vitamin, seperti asam folat, vitamin C, vitamin E, antioksidan, selenium, seng, mangan dan betakaroten. Asparagrus sebaiknya tidak dikonsumsi oleh seseorang yang menderita asam urat. Hal ini dikarenakan asparagus merupakan salah satu makanan penyebab asam urat yang wajib Anda waspadai dan dihindari.

Pepaya

Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah pepaya. Pepaya mengandung asam folat yaitu 30 mcg dalam setiap 100 gramnya. Tidak ada salah untuk mengonusmi buah yang satu ini karena mengonsumsi buah pepaya secara rutin, dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan, mencegah anemia selama menstruasi, mencegah segala macam penyakit pada usus, mencegah kanker serta dalam menyehatkan janin yang ada dalam kandungan.

Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk jug mengandung asam folat sebesar 30 mvg dalam 100 gram jeru. Kandungan asam folat pada jeruk mampu mencegah kerusakan dan kecacatan organ vital pada otak dan mendukung perkembangan sel otak pada janin. Sedangkan vitamin C pada jeruk  sangat bermanfaat untuk memelihara sistem imunitas tubuh dan menangkal radilal bebas penyebab penyakit.

Nah itulah beberapa makanan yang mengandung asam folat yang dapat Anda coba. Selain itu, ada juga makanan lain yang kaya akan asam folat, yaitu kentang, tomat, roti gandum serta ubi jalar.