Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

On Tuesday, June 4th, 2019 Categories : Manfaat, Tips Perawatan

Apakah Anda tahu bahwa manfaat bawang merah sangat banyak dan luar biasa? Mungkin kebanyakan orang saat ini hanya menganggap bahwa bawang merah hanyalah bumbu masak yang dapat menyedapkan makanan.

Tetapi selain sebagai penyedap makanan, bawang merah yang yang memiliki nama latin Allium cepa ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan. Bawang merah yang termasuk dalam salah satu bumbu dapur yang berasal dari pakistan ini memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan juga dapat merawat kecantikan wajah. Selain rasanya yang lezat, bumbu dapur ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan wajah Anda.

manfaat-bawang-merah-untuk-kesehatan-bayi

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Sebagai bumbu, bawang merah memiliki rasa yang kuat jika dikombinasikan dengan bahan lain dapat menghasilkan rasa yang nikmat misalnya ayam bakar/ikan bakar, aneka sambal, opor, soto, sayur lodeh, nasi kuning, nasi goreng, semur dan masih banyak masakan lainnya yang menggunakan bawang merah sebagai bumbu.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan mungkin tidak banyak orang yang tahu, tetapi bagi beberapa orang bawang merah kerap dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Bawang merah mampu menyembuhkan dan meringankan beberapa penyakit mulai dari yang ringan seperti masuk angin (digunakan untuk kerokan) membantu mengendalikan diabetes, masalah pendarahan, mengontrol kolesterol, melindungi jantung dan juga mencegah kanker.

Bawang merah memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, mangan, kalium, asam folat, kalsium, protein dan zat besi. Kandungan flavonglikosida yang ada didalam bawang merah berfungsi sebagai anti radang, penurun panas dan pembunuh bakteri.

Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi

Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata bawang merah juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan bayi. Manfaat bawang merah untuk bayi sangatlah banyak, kesehatan pada bayi sangatlah penting dan harus diperhatikan dengan baik.

Dengan memanfaatkan bawang merah, beberapa manfaat yang diperoleh diantaranya yaitu mampu menurunkan demam, mengatasi perut kembung, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan juga mempercepat penyembuhan flu dan batuk.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh jaman nenek moyang, yaitu saat bayi terasa kurang sehat seperti demam, masuk angin atau flu maka bawang merah digunakan untuk campuran obat oles anak. Caranya tumbuk bawang merah, campur dengan minyak telon dan balurkan pada badan bayi sambil dipijat-pijat. Untuk anak yang lebih besar bisa ditambahkan minyak kayu putih supaya lebih hangat.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang merah juga bermanfaat untuk kecantikan wajah Anda. Manfaat bawang merah untuk kecantikan mungkin tidak banyak yang tahu, siapa yang mengira bahwa bumbu dapur ini dapat merawat kecantikan wajah Anda. Salah satu manfaat dari bawang merah yaitu untuk mengobati jerawat.

Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang merah hingga menjadi pasta, campur dengan satu sendok minyak zaitun atau madu murni kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Selain untuk mengobati jerawat, manfaat lainnya yaitu dapat menghaluskan kulit wajah Anda. Tanda-tanda penuaan juga bisa disamarkan dengan masker bawang merah.

Menghilangkan bekas luka

Tidak perlu krim mahal untuk menyamarkan bekas luka yang kita perlukan cuma bawang merah dan konsistensi menggunakannya.

Kebanyakan penelitian menyebutkan bahwa menggunakan gel yang mengandung ekstrak bawang merah atau bawang merah murni lebih dari 10 minggu dapat memperbaiki penampilan bekas luka. Penggunaan gel yang mengandung ekstrak bawang merah kurang dari 10 minggu akan kurang efektif menyamarkan bekas luka.

Manfaat Bawang Merah Untuk Wajah

Manfaat bawang merah untuk wajah yang lainnya yaitu untuk menghilangkan bekas noda hitam di wajah. Jerawat yang sering timbul di wajah biasanya meninggalkan bekas noda hitam yang sulit dihilangkan.

Dengan menggunakan bawang merah ini, Anda dapat menghilangkan bekas noda hitam tersebut secara alami dan membuat wajah Anda menjadi lebih cerah. Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat luar biasa dari bumbu dapur yang digunakan sehari-hari.

Semoga sedikit ulasan mengenai manfaat bawang merah ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua, terimakasih telah membaca artikel ini.

Terms:manfaat bawang merah dan madu untuk wajah