Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Siapa yang tak kenal manfaat kencur bagi kesehatan? Ya, kencur merupakan salah satu tanaman obat yang juga dikenal sebagai tanaman rempah-rempah ini memiliki banyak khasiat. Bahkan, sejak zaman dulu, tanaman kencur ini sudah familiar sebagai obat untuk mengatasi perut kembung dan juga sebagai obat sakit tenggorokan.

Tak hanya itu, kencur juga dikenal dapat mengatasi rasa lelah dan sebagai tanaman penambah nafsu makan. Kencur sendiri biasanya diolah sebagai jamu-jamuan yang dinamakan dengan beras kencur. Nah, beras kencur inilah yang biasa kita minum sebagai jamu alami yang memiliki banyak manfaat.

Manfaat Beras Kencur

Sebelum kita beranjak pada khasiat kencur untuk kesehatan, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu manfaat beras kencur bagi tubuh.

Khasiat Beras Kencur Bagi Tubuh

manfaat-beras-kencur-bagi-kesehatan

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar jamu beras kencur. Ya, jamu yang terbuat dari ramuan beras dan kencur ini cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Jamu, umumnya memiliki rasa yang tidak enak dan sangat pahit berbeda halnya dengan jamu beras kencur.

Jamu ini memiliki rasa yang segar dan manis, maka wajar jika banyak orang yang gemar mengkonsumsi jamu beras kencur ini. Jamu beras kencur memiliki cukup banyak manfaat, contohnya dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Tak hanya meningkatkan nafsu makan saja, beberapa manfaat lainnya yang Anda dapatkan jika sering mengkonsumsi beras kencur ini adalah mengurangi pegal-pegal di tubuh, menyegarkan tubuh, penambah stamina tubuh, meredakan rasa nyeri, obat masuk angin, mencegah timbulnya jerawat di wajah, dan juga sebagai obat pelangsing alami.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur adalah kencur, jahe, asam, kunyit, gula merah dan beras. Cara pengolahan beras kencur ini adalah, sangrai beras hingga matang terlebih dahulu, setelah itu haluskan beras yang sudah matang.

Di samping itu, haluskan bahan-bahan lainnya dengan cara ditumbuk. Kemudian campurkan semua bahan dan rebus sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saring. Anda pun siap mengkonsumsi jamu beras kencur.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Adapun khasiat kencur bagi kesehatan, bisa Anda simak penjelasannya berikut ini:

– Menambah nafsu makan

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang artinya bisa menambah nafsu makan seseorang.

– Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kencur, termasuk rempah-rempah yang bisa berperan meningkatkan aliran empedu. Sementara itu, cairan empedu tersebut berperan baik untuk membantu melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

– Memelihara kesehatan tubuh

Tanaman kencur mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, dengan adanya antioksidan maka tubuh dapat melawan berbagai macam penyakit dan memelihara kesehatan tubuh Anda.

– Melangsingkan tubuh

Tanaman kencur bersifat sebagai obat pelangsing tubuh secara alami karena kandungan yang terdapat dalam kencur ini mampu membakar lemak secara efektif.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kencur bagi kesehatan yang bisa kita rasakan ketika mengkonsumsinya. Oleh karena itu, jangan ragukan khasiat dari jamu beras kencur!

manfaat jamu beras kencur - manfaat beras kencur - khasiat jamu beras kencur - khasiat beras kencur - manfaat jamu kencur - khasiat kencur dan daun sirih untuk kesehatan tubuh - manfaat jamu beras - manfaat jamu kunir asem dan beras kencur - Manfaat beras kencur dan kunyit - kasiat beras kencur - msnfaat baras kencur - kekurangan kelebihan jamu beras ken - khasiat bera - Kandungan beras kencur dan manfaat nya - khasiat beras kencur & kunyit -