Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Umumnya, batang kayu dari pohon mahoni digunakan untuk kerajinan ukuran dan mebel. Akan tetapi biji mahoni juga memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik untuk menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan biji mahoni kaya akan vitamin, nutrisi dan zat seperti flavonoid, saponin, mineral, asam lemak dan masih banyak lagi. Namun sayangnya belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara memanfaatkan biji mahoni.

manfaat biji mahoni

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda bisa menghancurkan dan menggilingnya hingga halus dan kemudian campurkan bubuk mahoni dengan air. Setelah itu, Anda bisa meminumnya. Lantas apa saja manfaat biji mahoni bagi kesehatan tubuh? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Inilah khasiat biji mahoni untuk kesehatan tubuh

Mengatasi sembelit

Manfaat yang pertama adalah mengatasi sembelit. Hal ini mungkin sering dialami oleh hampir setiap orang. Sembelit merupakan suatu keadaan di mana seseorang mengalami susah air besar. Biasanya hal ini disebabkan karena kurang serat. Namun Anda jangan khawatir, salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan menggunakan biji mahoni. Caranya hancurkan beberapa biji mahoni kemudian campurkan dengan air hangat lalu minum hingga tertaur.

Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat terbesar rutin meminum ramuan ini adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan biji mahoni kaya akan flavonoid. Tak hanya itu saja, biji mahoni juga kaya akan saponin yang baik untuk  menjaga kesehatan jantung. Sehingga  kedua nutrisi tersebut dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar serta jantung lebih sehat.

Mengatasi nyeri haid

Manfaat biji mahoni selanjutnya adalah dapat mengatasi nyeri saat haid. Biasanya wanita yang sedang mentruasi akan mengalami nyeri pada bagian perut. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun dengan mengonsumsi biji mahoni  ini akan mengurangi rasi sakit dan nyeri ketika menstruasi.

Mengontrol gula darah

Gula darah yang berlebih dapat menyebabkan diabetes. Jika dibiarkan tentu saja hal ini dapat menjadi masalah yang serius. Nah bagi Anda yang ingin mencegah penyakit ini cobalah untuk mengonsumsi setengah sendok teh biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan. Kandungan saponin pada biji ini berperan untuk mengontrol gula darah.

Mengurangi alzheimer

Berikutnya adalah dapat mengurangi dan mencegah alzheimer. Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kepikunan. Jika Anda menderita hal ini, cobalah untuk menambahkan bubuk biji mahoni ke dalam makanan dan minuman. Meskipun penyakit alzheimer  tidak bisa disembuhkan, akan tetapi pengobatan dan terapi juga sangat diperlukan pernderita alzheimer untuk bertahan hidup.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat  biji mahoni untuk kesehatan tubuh. Selain itu, biji mahoni juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan, menambah berat badan secara alami dan juga sebagai penangkal serangga.

manfaat biji Mahoni - kasiat buah mahoni - kasiat biji mahoni -