Manfaat Buah Tomat Bagi Ibu Hamil Untuk Diet

By Categories : Manfaat

Manfaat buah tomat atau buah yang bernama ilmiah Licopersicum Esculentum sangat banyak. Buah tomat banyak dijumpai disekitar kita. Buah ini sering digunakan untuk campuran membuat masakan, seperti sup, gado-gado, sambal dan sebagainya. Tomat masuk dalam klasifikasi buah, meskipun jenis ilmiahnya masih dekat dengan jenis kentang-kentangan.

Tomat mempunyai ciri-ciri bentuk bulat dan kemerah-merahan apabila sudah matang. Hal ini menjadikan buah tomat mempunyai kandungan vitamin yang sangat banyak. Maka buah ini menjadi referensi buah yang harus dan rutin dikonsumsi. Sebab kandungan yang terdapat pada buah tomat sangat baik untuk kesehatan kita.

Manfaat Buah Tomat Bagi Ibu Hamil

manfaat-buah-tomat-untuk-diet-bagi-ibu-hamil

Tomat mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut, kalsium 5mg, vitamin A 1500 SI, vitamin C 40 mg, protein 1 g dan karbohidrat 4,3 gram. Total kandungan tersebut membawa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk manfaat buah tomat bagi ibu hamil. Sebab, kandungan vitamin C, protein dan karbohidratnya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan ibu dan janin dalam kandungan.

Selain itu, mengenalkan aneka rasa buah kepada janin bisa dilakukan mulai sejak dalam kandungan. Hal itu untuk memberi rangsangan kepada bayi jika sudah lahir untuk menyukai rasa yang ada pada tomat. Ini termasuk untuk buah-buah lainnya. Semakin banyak Anda mengkonsumsi aneka jenis buah, kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk janin semakin lengkap. Dengan begitu, janin akan semakin banyak mengenal aneka rasa buah termasuk tomat.

Manfaat Buah Tomat Untuk Diet

Selain itu, manfaat buah tomat bagi selain ibu hamil juga banyak. Misalnya menjaga kesehatan mata, hal ini didapatkan dari kandungan vitamin A pada buah tomat. Manfaat buah tomat untuk diet juga bisa terbukti khasiatnya, sebab selama diet dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya protein.

Anda bisa mendapatkannya dari buah tomat, sebab buah ini masuk dalam kategori buah tetapi kandungan nutrisi menyerupai sayur. Sedangkan manfaat lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai antioksidan, kandungan lycopene pada tomat termasuk dalam jenis senyawa antioksidan. Sehingga, kekebalan tubuh menjadi semakin kuat serta masih banyak khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari buah tomat.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah tersebut Anda bisa menggunakan berbagai macam cara. Tomat merupakan buah yang enak segar jika diolah menjadi jus. Selain itu, tomat bisa dijadikan campuran dalam olahan masakan sup, gado-gado, lotek, sop dan sebagainya.

Jika dimakan dalam kondisi matang segar juga enak. Ada rasa asam, manis dan kandungan karbohidrat dari daging buah menjadi sensasi tersendiri. Anda bisa mengkonsumsi sesuai selera Anda masing-masing.

Yang penting adalah tetap mendapatkan manfaat buah tersebut. Terutama untuk menjaga kesehatan kita sehari-hari, supaya tubuh tetap sehat, fit terhindar dari penyakit berbahaya. Sekian artikel mengenai manfaat buah tomat yang bisa kami sampaikan, semoga Anda menjadi lebih peduli dengan kesehatan Anda.

gambar buah - kasiat buah senangka dan tomat bagi ibu hanil -